Spesifikasi Minimum untuk Jalankan Endless OS

Spesifikasi Minimum untuk Jalankan Endless OS – Beragam sistem operasi memang banyak dan salah satu yang populer adalah Windows yang merupakan pabrikan Microsoft. Namun, tahukah anda bahwa ada sistem operasi terbaru yang bisa digunakan selain Windows yakni Endless OS.

Spesifikasi Minimum untuk Jalankan Endless OS

Sistem operasi Endless OS sudah resmi dirilis di indonesia dan bisa diunduh secara gratis dan memiliki beragam aplikasi yang dapat bekerja secara optimal meskipun tidak terhubung ke internet.

Jadi, ketika pengguna terhubung ke internet, aplikasi yang ada di Endless OS akan memperbaharuinya secara otomatis. Saat pengguna terhubung internet, aplikasi tersebut akan memperbarui konten. Saat tak sedang terhubung internet, pengguna masih dapat melihat konten yang sudah diunduh lebih dulu.

Lalu bagaimana jika anda ingin mencoba sistem operasi ini? Spesifikasi hardware yang seperti apa yang bisa menjalankan sistem operasi ini? Menurut Matt Dalio, CEO seklaigus founder Endless Computers sistem operasi besutannya ini dapat dijalankan pada perangkat komputer yang dirilis dalam lima tahun terakhir.

“Kami sudah menghabiskan waktu 5 tahun untuk mengembangkan Endless OS dan mencobanya di beragam laptop termasuk PC desktop,” ujarnya saat peluncuran Endless OS di Jakarta.

Untuk prosesor, Endless OS sudah kompatibel dengan platform 64-bit dari Intel. Sementara minimal RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi ini adalah 1GB.

Baca juga : 10 PERUSAHAAN TEKNOLOGI YANG DIAKUISISI OLEH GOOGLE

Sistem operasi ini setidaknya menghabiskan memori 32GB untuk versi penuh, sedangkan versi dasarnya membutuhkan sekitar 16GB. Namun sebagai rekomendasi, tak ada salahnya memiliki memori yang lebih besar.

Urusan kartu grafis, Endless OS sudah dapat berjalan dengan kartu terintegrasi dari Intel. Begitu juga dengan konektivitas nirkabel, sistem operasi ini dapat bekerja dengan baik untuk Atheros, Broadcom, dan Realtek.

Berikut adalah spesifikasi hardware untuk bisa menjalankan Endless OS yang dilansir dari support.endlessm.com

Syarat Hardware (Perangkat Keras) untuk Endless OS

  • Prosesor: Endless OS mendukung sistem PC yang menggunakan chip Intel 64-bit atau processor sejenis seperti AMD atau VIA. Endless OS tidak bisa dijalankan pada sistem PC 32-bit. Kebanyakan komputer yang diproduksi sebelum tahun 2007 dan laptop jenis netbook yang harganya cukup rendah biasanya memiliki prosesor 32-bit.
  • Prosesor ARM: Versi Endless OS yang bisa diunduh tidak bisa dipakai di prosesor yang berbasis ARM seperti yang biasa ditemukan di perangkat Raspberry Pi atau ODroid. Pada saat ini satu-satunya perangkat ARM yang kami dukung adalah Endless Mini yang sebelumnya telah diinstal dengan Endless OS pada saat produksi.
  • Chromebooks: Perangkat Chromebook hanya dirancang untuk menjalankan Google Chrome OS, oleh karena itu perangkat ini tidak didukung oleh Endless OS.
  • Apple: Perangkat Apple dirancang untuk menjalankan macOS, sehingga tidak secara resmi didukung oleh Endless OS. Tergantung dari model tertentu, Endless OS dapat dijalankan, tetapi ini belum dicoba sepenuhnya. Dual boot Endless OS dan macOS tidak didukung sama sekali.
  • Memory (RAM): Endless akan berjalan paling lancar apabila Anda memiliki minimal 2GB RAM di komputer.
  • Kapasitas HDD atau SSD: Endless OS membutuhkan setidaknya 32GB untuk versi Lengkap. Bila Anda menggunakan versi Dasar, maka 16GB sudah cukup. Tetapi kami menyarankan bahwa Anda menyediakan lebih banyak ruang kapasitas sehingga Anda bisa mengunduh semua aplikasi dan masih bisa ada sisa ruang untuk video, foto, musik, dan dokumen.

Baca juga : 3 HAL MAKSIMALKAN MICROSD DI SMARTPHONE ANDROID

  • Kartu Grafis: Kebanyakan sistem yang menggunakan grafik terintegrasi dari Intel atau AMD sudah didukung. Sistem yang memiliki GPU canggih terpisah seperti NVIDIA atau ATI dan sistem yang memiliki dua kartu grafis (misalnya laptop yang memiliki GPU terintegrasi dan terpisah) tidak didukung dan mungkin tidak dapat dipakai untuk Endless OS.  Layar DPI yang Tinggi: Endless OS akan mengkonfigurasi layar dengan DPI tinggi untuk menggunakan resolusi 1920 x 1080 (full HD), karena pada saat ini Endless OS tidak mendukung perubahan skala resolusi untuk aplikasi. Anda bisa secara manual memilih resolusi yang lebih tinggi, tetapi beberapa bagian dari desktop akan terlihat sangat kecil.
  • Disk Management: Endless OS tidak mendukung storage hardware yang terlampau canggih seperti RAID controllers, LVM, atau disk terenkripsi (encrypted disks).
  • Perangkat Tambahan (Peripherals): Sebagian besar mouse dan keyboard dapat digunakan, tetapi layar sentuh laptop atau perangkat input spesialisasi seperti joystick, tablet, dll mungkin tidak dapat digunakan dengan mulus.
  • Kartu Nirkabel (Wireless Card): Sebagian besar wireless card dari Intel dan beberapa jenis dari Atheros, Broadcom, dan Realtek akan dapat digunakan. Beberapa tipe kartu dari Broadcom tidak didukung untuk saat ini, contohnya: tipe yang menggunakan driver ‘brcm80211’ akan dapat digunakan, tetapi tipe yang menggunakan driver ‘b43’ atau ‘wl’ tidak dapat digunakan. Bila perangkat wireless Anda tidak didukung, kami sarankan untuk menggunakan adapter USB Wifi, kabel ethernet, atau sambungkan internet telepon genggam Anda dengan kabel.

Endless OS juga menawarkan tampilan antarmuka yang intuitif serupa dengan smartphone. Hal lain yang juga penting adalah sistem operasi ini diklaim bebas dari ancaman keamanan yang menyerang kebanyakan sistem lain.