Robot Diprediksi Dapat Menggantikan Alien

Robot Diprediksi Dapat Menggantikan Alien – Kecanggihan teknologi di masa kini sangatlah pesat salah satunya yakni robot. Robot diprediksi akan hadir menggantikan alien. Bahkan beberapa ahli memprediksi bahwa robot alien akan bisa diajak bekerja sama dengan manusia.

Robot Diprediksi Dapat Menggantikan Alien

Menurut Steven Dick yang merupakan astrofisikawan NASA, meskipun keberadaan alien saat ini belum terbukti, namun ia yakin bahwa dalam beberapa puluh tahun kedepan manusia akan menemukan mahluk misterius tersebut.

Baca juga : OMAR BIN SULTAN AL OLAMA MENTERI KECERDASAN BUATAN PERTAMA DARI UNI EMIRAT ARAB

“Nanti, manusia akan ada di masa pasca-biologis, di mana mereka akan hidup bersamaan dengan makhluk dan objek luar angkasa. Pada saat manusia akan bekerja dengan robot, alien pun bisa akan digantikan dengan robot,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Popular Science.

Menurut astrofisikawan tersebut, alien bisa saja berada pada titik jenuh seperti halnya manusia, dengan demikian mereka bisa saja membuat langkah pintar dengan membuat robot berotak kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Berbicara mengenai Artificial Intelligence, memang pada beberapa tahun ini sedang hangat dibicarakan dan banyak dikembangkan oleh para ilmuan.

Bahkan, manusia mampu menciptakan komputer super yang bisa melakukan 1 kuadriliun (1.000 triliun) perhitungan hanya dalam waktu satu detik.

Menurut pengamatan Hans Moravec, pakar kecerdasan buatan di Carnegie Mellon Unviersity, angka tersebut bisa menaklukkan otak manusia yang cuma bisa mengkalkulasi 100 triliun per detik secara maksimal.

Jadi, dalam beberapa dekade ke depan, mesin dengan otak komputer berbasis kecerdasan buatan bisa melampaui kecerdasan manusia.

Uji coba kontak dengan alien sendiri justru baru akan dimulai pada 2018 mendatang.

Ahli astronom dari lembaga ‘pemburu’ alien Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI), kabarnya akan menciptakan teknologi untuk berkomunikasi dengan makhluk ekstraterestrial dalam waktu dekat. Teknologi itu akan diuji coba mulai 2018.

Belum banyak informasi yang bisa diungkap tentang teknologi ini, terkait bahasa apa yang akan dipakai, ke (planet) mana pesan tersebut akan dikirim, dan topik apa yang akan dibahas.

Baca juga : 4 KEBIASAAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE KIDS ZAMAN NOW

Yang pasti, teknologi tersebut dinamai sebagai Messaging Extraterrestrial Intelligences atau METI.

Jadi, bentuk METI adalah semacam ‘aplikasi’ pesan instan antara umat manusia dan alien. Pengembangan teknologi ini dipimpin oleh Douglas Vakoch sebagai Presiden dari METI International.

Sekarang, Vakoch bersama tim METI masih fokus mengembangkan software linguistik yang akan digunakan untuk berkomunikasi.

Software tersebut akan memanfaatkan gelombang suara dan menerjemahkannya dalam transkrip bahasa yang bisa dimengerti manusia.