Nama Ibu Kandung disertakan pada Registrasi Kartu SIM?

Nama Ibu Kandung disertakan pada Registrasi Kartu SIM? – Setalah pemerintah mewajibkan pengguna kartu prabayar SIM melakukan registrasi dengan data yang sesuai pada KTP yakni menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu Keluarga (KK), peraturan tersebut akan dimulai pada akhir bulan ini yakni pada tanggal 31 Oktober 2017 dan batas akhir untuk melakukan registrasi adalah pada tanggal 28 Februari 2018.

Nama Ibu Kandung disertakan pada Registrasi Kartu SIM?

Meskipun dalam melakukan registrasi hanya membutuhkan nomor KK dan NIK KTP, kini beredar bahwa dalam registrasi tersebut mengharuskan menyertakan nama ibu kandung.

Berkenaan dengan hal tersebut, sebenarnya Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M Ramli sudah menegaskan bahwa dalam proses registrasi tersebut tidak memerluka nama ibu kandung.

Baca juga : 5 KISAH GAMER YANG MENGUBAH KEHIDUPAN

“Nama ibu kandung tidak perlu karena itu kami anggap sebagai super password dan itu riskan untuk di-share,” katanya saat sosialisasi registrasi kartu SIM berdasarkan data kependudukan di Kantor Kemkominfo, Rabu lalu.

Untuk informasi, bahwa penggunaan nama ibu kandung biasanya diminta pada saat pendaftaran akun permbangkan dan saat nasabah mengisi aplikasi kartu kredit. Karena berhubungan dengan transaksi finansial, nama ibu kandung disebut sebagai super password dan riskan dibagikan.

Ada pun cara registrasi kartu perdana (pelanggan prabayar baru) adalah mengirimkan SMS ke 4444 dengan mengetik NIK#NomorKK#, sedangkan untuk pelanggan lama cukup mengetik ULANG#NIK#Nomor KK#.

Baca juga : GOOGLE BENTUK SATGAS UNTUK MENANGANI KECERDASAN BUATAN

Untuk registrasi sendiri, data yang dimasukan pada saat registrasi harus sesuai dengan nomor KK dan nomor NIK yang ada di KTP, tujuannya adalah untuk proses validasi data yang dikirmkan ke database Ditjen Dukcapil berhasil dilakukan tanpa adanya masalah karena tidak sesuai dengan nomor KK maupun NIK pada KTP.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *