5 Langkah Mengatasi PC Mati Sendiri Saat Bermain Game

5 Langkah Mengatasi PC Mati Sendiri Saat Bermain Game – Ketika sedang asyik bermain game di PC tiba-tiba hal yang menyebalkan terjadi yakni PC Restart secara tiba-tiba dan monitor blank tetapi masih ada notif  lampu yang menandakan bahwa PC masih dalam kedaan menyala. Tentunya hal ini membuat mu kesal bahkan panik.

5 Langkah Mengatasi PC Mati Sendiri Saat Bermain Game

Nah jika hal demikian terjadi alangkah baiknya kamu bersabar dan melakukan beberapa cara untuk mengecek apakah PC kamu rusak atau tidak. Lalu hal apa saja yang harus dilakukan jika hal diatas terjadi? Berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasi PC Restart bahkan mati secara tiba-tiba pada saat bermain game.

1. Periksa RAM

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mengecek apakah RAM yang digunakan masih bagus atau tidak. Cobalah cek RAM PC mua apakah dalam kedaan kotor atau bahkan berkarat. Jika hal demikian terjadi, bersihkanlah lempengan tembaga yang ada di RAM menggunakan penghapus pensil berwarna putih secara hati-hati.

Jika sudah dibersihkan masukan kembali RAM tersebut dan cek apakah PC sudah normal kembali atau belum. Jika masi belum normal, cobalah ganti dengan kepingan RAM yang lain.

Baca juga : 5 HAL PC DAN LAPTOP BELUM TERGANTIKAN DIBANDINGKAN SMARTPHONE

2. Periksa VGA

Hal selanjutnya adalah dengan cara mengecek VGA yang digunakan. Biasanya VGA ekternal yang digunakan ada masalah. Sama seperti pada RAM, bersihkanlah lempengan tembaga yang ada pad VGA card menggunakan penghapus pensil. Periksa juga kipas yang ada pada VGA card apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena jika kipas yang ada pada VGA tidak berfungsi dengan baik, maka bisa jadi itulah masalanya.

3. Periksa Prosesor

Segala kegiatan olah data dilakukan oleh CPU alias prosesor. Jika prosesor mengalami penas berlebih aatau overheat maka hal ini bisa jadi penyebabnya. Jika terjadi overheat maka matikan komputer dan diamkan beberapa jam agar panas yang ada hilang dan jangan dipaksakan untuk bermain game. Agar menghasilkan performa yang baik, gunakanlah prosesor dengan clock speed diatas 3.0 GHz pada saat bermain game.

4. Periksa Power Supply (PSU)

Power supply adalah bagian terpenting pada PC untuk mengalirkan daya pada semua komponen PC. Jika kebutuhan daya pada PC 700 watt, tetapi PSU yang digunakan hanya memiliki daya 450 watt, maka bersiaplah PC mengalami restart dan mati dengan sendirinya saat sedang bermain game atau aktivitas lainnya.

Solusi mengatasi pc restart sendiri jika memakai PSU bawaan atau PSU berdaya rendah, maka ganti dengan PSU baru yang dayanya jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk mereknya gunakan yang terpercaya, seperti AcBel, Antec, CORSAIR, FSP, TAGAN, THERMALTAKE, dan XIGMATEX.

Baca juga : 5 APLIKASI ANTI SELINGKUH MEMBUAT TIDAK BISA BERBOHONG!

5. Periksa Program atau Aplikasi

Beberapa OS (Windows, Linux, Mac, dan lainnya) biasanya ada yang support dan tidak untuk menjalankan sebuah aplikasi, program, atau pun game. Jika ada masalah restart PC saat menjalankan program, maka solusinya instal ulang sistem operasi.

Terkadang ada program yang juga crash atau error, jika yang bermasalah seperti game Point Blank, maka instal ulang, update atau ambil filenya dari warnet, karena biasanya game tersebut open source, gratis untuk dipublikasikan. Berbeda dengan aplikasi lain yang harus benar-benar asli.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi PC yang restart atau mati sendiri saat bermain game. Apabila cara di atas sudah kamu lakukan tapi masih juga tidak ampuh, maka cara lainnya adalah membongkar dan menyervisnya. Selamat mencoba!