Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Tagarteknologi.com – Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel, Di era modern saat ini beragam smartphone hadir dengan fitur serta teknologi yang sangat canggih guna mempermudah kegiatan sehari-hari manusia. Berbicara mengenai smartphone, salah satu komponen yang sangat penting dan wajib adanya adalah baterai. Yups tanpa adanya baterai, sebuah smartphone mustahil hidup dan bisa digunakan.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Ponsel pintar maupun smartphone yang beredar dipasaran memiliki beberapa jenis baterai dua diantaranya yang populer yaitu Baterai dengan jenis Li-ion dan Li-po. Li-ion merupakan kependekan dari Lithium ion dan Li-po merupakan kependekan dari Lithium Polymer. Selain dua jenis baterai tadi terbuat dari material yang berbeda, baterai ini pun biasanya ditempatkan pada tempat yang berbeda. Baterai Li-ion identik dengan baterai Removable alias bisa dibongkar pasang dan Baterai dengan jenis Li-po identik dengan jenis baterai Non-Removable alias tertanam di dalam smartphone.

Baca juga : INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BATERAI LITHIUM-ION

Sehubungan dengan adanya hal diatas, smartphone kekinian cenderung memakai baterai Non-removable sebagai sumber daya dari smartphone tersebut dan berbeda pada zaman dulu yang cenderung menggunakan baterai Removable alias bisa dibongkar pasang oleh penggunanya.

Nah, sehubungan dengan hal diatas kali ini kita akan membahas kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam alias Non-removable, seperti apa sih kelbihan dari smartphone yang memakai baterai Non-removable? Berikut adalah ulasannya!

Kelebihan memakai baterai Non-removable

1. Daya Tahan Lama dan Berkapasitas Besar

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Baterai Non-Removable cenderung memiliki daya tahan yang lama, selain itu juga baterai ini pun memiliki kapasitas daya yang lebih besar jika dibandingkan dengan baterai dengan jenis Li-Ion. Itulah mengapa banyak sekali produsen smartphone lebih memilih bateri ini selain diperuntukan untuk tidak di bongkar pasang, baterai jenis ini pun memiliki performa yang lebih maksimal.

Baca juga : 5 DAMPAK NEGATIF MENGGUNAKAN SMARTPHONE LAYAR PECAH

2. Lebih Awet

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Berbeda dengan baterai yang bisa dibongkar pasang alias Removable yang memiliki masa pakai yang terbatas hanya beberapa tahun saja, namun pada baterai Non-Removable hal demikian diminimalisir sehingga pengguna smartphone yang memakai baterai tersebut tidak perlu repot-repot harus membongkar serta menggantinya dengan baterai yang baru. Dengan hadirnya baterai tanam ini pengguna tidak perlu dipusingkan oleh baterai yang sering diganti dan dengan adanya baterai tanam ini bisa menjadi solusi. Baterai tanam juga lebih stabil dan jarang terjadi drop sehingga pengguna tidak perlu gonta ganti baterai seperti baterai Removable.

3. Body Ponsel Lebih Slim

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Kelebihan menggunakan baterai tanam selanjutnya yaitu menjadikan body smartphone lebih ramping. Jika kamu melihat bodi smartphone yang memiliki bodi tipis maka dapat dipastikan smartphone tersebut menggunakan baterai tanam. Dengan menggunakan baterai tanam akan berpengaruh terhadap bentuk bodi karena baterai tersebut ditata serapih mungkin pada mesin smartphone sehingga akan menghemat ruang di dalam smartphone dan menjadikannya smartphone berbodi tipis. Jika anda merupakan tipe orang yang memerhatikan bodi dari smartphone dan menginginkan smartphone yang tipis maka smartphone yang memiliki baterai tanam bisa menjadi solusi.

4. Membuat smartphone lebih kokoh

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Sudah dikathui banyak orang bahwa smartphone maupun ponsel yang menggunakan baterai removable memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan bongkar pasang pada baterai tersebut. Tak ayal hal ini lah yang menjadikan smartphone maupun ponsel tersebut menjad rentan terhadap kerusakan dari segi fisik. Banyak kejadian pada saat pengguna membongkar ponsel terjadi dol atau patah datu bagian sehingga hal ini akan membuat ponsel tersebut tidak tertutup rapat.

Dengan menggunakan baterai tanam, kejadian diatas dapat diminimalisir karena pengguna tidak akan melakukan bongkar pasang terhadap bodi. Dengan menggunakan baterai tanam juga keseluruhan bodi ponsel akan terpasang rapat dan baik sehingga menjadikannya lebih kokoh.

Baca juga : 5 PENGGUNAAN SENSOR BIOMETRIK PADA SMARTPHONE

5. Praktis pada saat memasukan SIM Card

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Hal selanjutnya adalah jika ponsel menggunakan baterai tanam maka akan lebih mudah untuk memasukan kartu SIM maupun memori eksternal seperti microSD karena penguna tidak perlu direpotkan dengan membuka bodi belakang serta membuka baterai untuk memasukan kartu SIM dan microSD. Jika ponsel menggunakan baterai tanam hal yang demikian tidaklah berlaku, pengguna akan diberikan kemudahan dalam memasukan kartu SIM maupun microSD karena slot yang digunakan untuk memasukannya terletak di luar dan biasanya terdapat di bagian samping maupun bawah bodi. Dengan menggunakan baterai tanam membuat ponsel akan lebih praktis pada saat digunakan, pengguna tak lagi direpotkan untuk bongkar pasang bodi pada saat memasukan kartu SIM.

6. Kebersihan Ponsel Bagian dalam Terjaga

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Jika kita perhatikan ponsel yang menggunakan baterai removable alias bisa di bongkar pasang maka bagian dalam di belakang  ponsel tersebut sering kita lihat debu masuk meskipun sudah menutupnya rapat-rapat. Hal tersebut dikarenakan bagian belakang bodi tersebut merupakan bagian yang bisa dibongkar pasang walaupun hanya memasukan kartu SIM atau microSD. Jika kita sering melakukan hal tersebut maka debu akan masuk walaupun sedikit karena ada ruang dan akan terus menumpuk.

Tetapi, pada ponsel yang mengguanakan baterai tanam sepertinya hal diatas tidak berlaku karena ponsel akan diutup dengan rapat dan tidak bisa bongkar pasang casing sehingga kebersihan bagian dalam akan terjaga dan tidak ada celah masuknya debu. Kebersihan ponsel dibagian dalam sangatlah penting, ponsel dengan bagian dalam yang kotor dan berdebu akan cenderung cepat rusak. Itulah mengapa ponsel yang menggunakan baterai tanam lebih awet dan tahan lama karena kebersihan dibagian dalam selalu terjaga.

8. Lebih Tahan terhadap Overcharge

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Mendengar kata HP maka tidak akan pernah terlepas dari pasangannya yaitu charger. Perangkat penunjang terpenting untuk HP selama pemakaian berlangsung. Namun problema masyarakat pada umumnya sering melalaikan proses charging HP. Berbagai kasus terjadi karena proses charging menjadi proses yang membosankan bahkan menyebalkan bagi pemakai HP karena harus melakukan jeda pemakaian HP.

Bagi mereka yang sering melalaikan proses charging entah itu dengan cara cabut pasang sebelum penuh, charging sambil menggunakan HP hingga kasus mencharger HP lebih dari waktu batasan pengisian atau overcharge. HP berbaterai tanam bisa menjadi pilihan terbaik kamu, karena baterai tanam diciptakan lebih tahan banting pada kasus-kasus tersebut. Sehingga kamu tidak perlu kuatir akan penurunan performa baterai yang disebabkan oleh masalah pengisian daya.

Kekurangan memakai baterai Non-removable

1. Karena baterai tertanam, otomatis tidak bisa menggunakan baterai cadangan

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Mencari baterai pengganti untuk jenis baterai tanam memang terbilang susah. Karena didesain untuk tidak dapat diganti oleh sembarang orang membuat pasar enggan menyediakan stok baterai jenis ini. Penggantian baterainya yang rumit membuat para penjual perangkat pendukung HP memilih untuk tidak menjual dan menerima pemasangan baterai tanam.

2. Sulit apabila ingin mengganti baterai sendiri

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Ponsel yang menggunakan berbaterai tanam memang didesain untuk tidak diutak-atik baterainya. Ini akan menjadi kendala tersendiri bila sesuatu yang darurat terjadi pada baterai HP kamu. Jika biasanya kamu mampu mengatasinya sendiri pada HP berbaterai cabutan, maka pada HP berbaterai tanam kamu memerlukan bantuan seseorang yang ahli di bidangnya

3. Sulit mengatasi Hang

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Hang merupakan masalah yang pasti pernah dialami oleh setiap pemakai HP. Cara terdasar dalam mengatasi hang pada HP adalah mencabut baterai. Sungguh sulit membayangkan bagaimana jika hal ini terjadi pada HP dengan baterai tanam. Kamu tak mungkin bisa mengatasinya dengan cara sesimple mencabut baterai.

4. Jarang ada yang menjual baterai double power

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam Ponsel

Bila kamu adalah pemakai HP yang hobby mengganti HP dengan baterai double power, yaitu baterai setipe namun memiliki daya dua kali lipat dari aslinya dapat dipastikan kamu akan sulit untuk menyalurkan hobby kamu ini bila memakai HP dengan baterai tanam. Karena baterai tanam sangat sulit dicari di pasaran maka baterai double powernya pun menjadi lebih sulit dicari bahkan tidak tersedia sama sekali.