Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui – Smartphone di era ini memanglah merupakan barang yang wajib ada, jikalau ponsel maupun smartphone tertinggal maka kita rela putar balik untuk mengambilnya.

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Yups, smartphone memang sudah menjadi hal pokok yang wajib ada. Berbagai kegiatan bisa kita lakukan dengan smartphone mulai dari komunikasi antar sesama, belanja online, main game, dan masih banyak lagi.

Smartphone juga tidak bisa dilepaskan dari daya baterai yang ada, sebagian pengguna membawa charger kemanapun karena jika suatu saat baterai ponsel habis maka bisa kembali mengisi ulang. Berbicara mengenai baterai pada smartphone memanglah memiliki kapasitas yang beragam ada yang mempunyai kapasitas yang besar sampai yang paling rendah.

Tetapi tahukah kamu bahwa pada saat kita mengisi ulang baterai atau pada saat melakukan charger ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika kita salah pada saat melakukan charger bisa jadi merugikan pada baterai itu sendiri. Lalu hal-hal apasaja yang harus diperhatikan pada saat mengisi ulang baterai?

Nah berikut ini adalah Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui seperti yang dilansir dari jalantikus.

1. Isilah baterai smartphone jika memang ada kesempatan

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Kamu tipe yang selalu membawa charger atau power bank kemanapun kamu melangkahkan kaki? Jangan ragu untuk ngecas smartphone kamu begitu ada kesempatan alias sarana untuk kamu ngecas. Tunggu, bukannya bolak-balik ngecas malah gak bagus?

Faktanya, ngecas smartphone sesekali tiap ada kesempatan meski hanya untuk beberapa menit gak akan membahayakan baterai smartphone kamu. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh penelitian dari Battery University. Jadi, jangan ragu untuk ngecas kapan aja dibutuhkan ya.

2. Jangan menunggu sampai kosong

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Kebalikan dari nomor satu, kamu termasuk tipe yang gak mau repot membawa charger atau power bank saat bepergian? Biasanya kamu akan menggunakan smartphone hingga titik darah penghabisan dan baru ngecas setibanya di rumah. Salahkah?

Ngecas smartphone dalam keadaan baterai super kosong alias nyaris mati bisa berdampak pada pendeknya umur si baterai itu sendiri. Analogikan seperti penyakit maag, makin sering kamu membiarkan lambung sakit karena telat makan, maka akan semakin besar risiko kamu terkena maag kronis. Setuju?

3. Ngecas Ideal dari 65% Hingga 75%

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Masih dari Battery University, kamu idealnya ngecas smartphone kamu ketika baterai berada di angka 65%. Kamu juga gak perlu menunggu waktu lama untuk ngecas karena bisa mencabutnya ketika angka sudah menunjukkan 75%.

Terdengar cukup sulit terlebih dengan aktivitas sehari-hari yang cukup padat, bukan? Meski gak ada yang mewajibkan, hal itu memanglah demikian karena pola ngecas di atas bisa membuat baterai lebih awet alias berumur lebih panjang.

4. Jika Sulit, Praktikkan 45% Hingga 75%

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Gak semua orang tentunya bisa dan punya waktu untuk menerapkan pola ngecas di atas. Kamu bisa menerapkan pola yang satu ini. Masih menurut Battery University, ngecas smartphone dari 45% hingga 75% juga adalah pola ngecas yang ideal.

Bahkan jika masih sulit, pola 25-75% juga tergolong pola ideal nomor 3 untuk menjaga keawetan baterai smartphone kamu. Hal itu dijamin akan mengurangi risiko kerusakan baterai jangka panjang. Kira-kira pola ngecas mana yang mau kamu gunakan?

5. Ngecas Sampai 100% Memperpendek Umur Baterai

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Kamu adalah orang yang dikenal akan totalitasnya alias selalu memberikan 100% nyaris di segala hal, termasuk ngecas smartphone? Faktanya, sering mengisi daya baterai hingga penuh malah gak bagus untuk keawetan dan daya tahan si baterai, lho!

Baterai smartphone kini, terutama jenis lithium-ion atau li-ion adalah tipe baterai yang gak perlu kamu isi hingga penuh atau 100%. Daya dan voltase yang besar diyakini malah akan membuat baterai ‘stres’ dan memperpendek umurnya.

6. Ngecas Semalaman Berbahaya?

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Hal yang satu ini memang masih jadi perdebatan hingga kini. Namun, jika melihat fakta-fakta di atas, terutama soal pola ideal ngecas, maka ngecas smartphone semalamam alias ditinggal tidur tergolong gak bagus buat baterai itu sendiri. Setuju?

Jika kamu gak setuju dengan fakta yang satu ini, mungkin kamu lebih condong ke pendapat kalau ngecas smartphone semalaman itu gak berbahaya.

7. Jika Sampai 100%, Segera Cabut Charger

Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui

Kamu mungkin gak bisa selalu menerapkan pola 65-75%, 45-75% atau bahkan 25-75%. Kadang kamu mungkin aja kelupaan hingga betarai kamu mencapai 100% saat dicas. Gak masalah, asal kamu sesegera mungkin mencabut charger ketika sudah menunjukkan angka 100%. Jangan sampai dibiarkan berlama-lama.

Demikianlah Deretan 7 Fakta Isi Ulang Baterai Smartphone yang Perlu Diketahui, apakah kamu sudah menerapkannya sob? Atau masih belum? Mulai dari sekarang perahtikanlah pada saat mengisi ulang baterai jangan sampai umur baterai kamu berkurang ya!