7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda –┬áBerbicara mengenai game memang tidak ada habisnya, berbgai genre game diciptakan guna menarik para gamers. Game juga tidak hanya diciptakan pada konsol saja seperti PS4 maupun nintendo, tetapi dibuat juga untuk perangkat PC dan juga ponsel.

Game pada ponsel sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000-an, pada saat itu ponsel masih menggunakan layar dua warna atau monochrome dan belum secerdas saat ini.

Pada awal munculnya game di ponsel masih dibuat oleh pembuat ponsel itu sendiri dan jumlahnya terbatas. Namun dibalik keterbatasan game tersebut bukan berarti tak asik untuk dimainkan, bahkan pada masanya game yang ada di ponsel tersebut banyak dimainkan hingga lupa waktu contohnya game Snake pada ponsel Nokia.

Dari sekian banyaknya game pada ponsel, berikut adalah 7 deretan game legendaris sekaligus populer di zamannya. Lalu apa saja game tersebut? Berikut adalah 7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda dikutip dari situs tekno.kompas.com dan Mobile Arena.

1. Snake

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Snake mungkin bisa disebut sebagai game paling populer sepanjang sejarah. game legendaris yang satu ini sudah dikenal sejak kemunculan ponsel Nokia 3310.

Pada dasarnya, Snake merupakan game yang diadaptasi dari game ding dong dengan nama sama, yang sempat populer pada 1976. Setelah dibuatkan versi mobile-nya, game ini semakin naik daun.

Peraturan dalam game ini cukup sederhana. Pengguna cukup mengarahkan “kepala” ular ke sebuah titik tanpa menabrak tubuh ular tersebut.

Semakin banyak titik “dimakan” oleh ular, semakin panjang tubuh ular tersebut dan semakin besar pula skor yang didapatkan.

Game ini terdiri dari 10 level dengan tingkat kecepatan gerak ular yang berbeda. Semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kecermatan yang dibutuhkan agar kelapa ular tak memakan tubuhnya sendiri.

2. Angry Birds

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Angry Birds bisa diklaim sebagai mobile game yang paling legendaris sekaligus populer sepanjang masa. game ini memungkinkan pengguna untuk melempar burung yang ada ke tumpukan babi yang ada di seberangnya.

Masing masing burung memiliki spesialisasi sendiri. Burung merah untuk mode normal, burung biru untuk menghancurkan kaca, burung kuning untuk menghancurkan kayu, burung hijau untuk terbang seperti bumerang, dan burung hitam yang bisa meledak.

Pasca diluncurkan di iOS pada 2009, game ini menjadi populer. Jumlah versinya kian bertambah saat game ini mulai merambah ke versi Android.

Pada Januari 2014, Angry Birds telah diunduh sebanyak lebih dari 3 miliar kali. Tak heran jika game ini kemudian diadaptasi lagi ke versi PC dan konsol.

Angry Birds bisa disebut sebagai game ponsel yang diadaptasi menjadi sebuah film. Pada 2016, film Angry Birds diputar di seluruh layar bioskop dengan membawa judul yang sama.

3. Fruit Ninja

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Fruit Ninja adalah game yang dikeluarkan oleh Halfbrick pada 2010. Meski terkesan gabut, game ini berhasil menjadi salah satu game favorit yang dimainkan untuk menghabiskan waktu luang.

game ini merupakan game yang hanya bisa dimainkan melalui layar sentuh. Pasalnya, untuk memilih menu bermain, pengguna diwajibkan menggoreskan jari pada layar sehingga pilihan tersebut terbelah.

Dalam Fruit Ninja, pengguna diwajibkan membelah buah-buahan yang muncul dari arah bawah untuk mendapatkan skor. Namun, pengguna harus cukup jeli karena terkadang muncul bom yang dapat mengurangi skor ketika tidak sengaja terbelah.

Game ini memiliki tiga jenis mode, yaitu Klasik, Zen, dan Arcade. Keberhasilan dalam game tersebut akan memuaskan Sensei ninja yang bijaksana selaku Game Master.

Pada setiap tingkatan, Sensei ninja akan menemani perjalanan pengguna dengan kata-kata bijak dan fakta menarik tentang buah-buahan. Cara unik ini disinyalir bisa memancing kembali memori pengguna tentang pentingnya mengkonsumsi buah.

Baca juga :

4. Temple Run

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Temple Run adalah salah satu game populer di ranah mobile. Cara bermain Temple Run ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu berlari sembari mengumpulkan poin dan menghindari jebakan yang ada. Untuk berbelok dan menghindar, pengguna harus mengusap layar ke kiri, kanan, atas dan bawah.

Gameplay yang cepat dan intens menjadi daya tarik dari game ini. Keatraktifan, kegesitan, dan strategis merupakan tiga unsur kuat yang harus jadi pertimbangan dalam memainkan game ini.

5. Clash Of Clans

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Clash of Clans adalah game strategi Legendaris sekaligus berpengaruh di jagat mobile gaming. Game ini dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.

Komponen utama gameplay dari Clash of Clans adalah pertempuran clan melawan clan lain. Pemimpin clan (leader) dan wakil pemimpin (Co-leader) bisa mulai perang melawan clan lainnya. Setiap clan kemudian diberi satu “hari persiapan” dan satu “hari perang”.

Ketika seorang pemain menyerang anggota dari clan lawan, mereka menerima bintang berdasarkan jumlah kerusakan yang mereka sebabkan. Setiap pemain dibatasi pada dua serangan setiap kali perang, dan tim yang paling banyak mengumpulkan bintang di akhir hari perang dinyatakan menang.

Dalam game ini, pengguna dituntut untuk membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir, dan dark elixir. Selain itu, pemain juga diwajibkan untuk membangun pertahanan yang melindungi dari serangan pemain lain.

Game ini juga dilengkapi kampanye pseudo dimana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik Goblin.

6. Flappy Bird

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Entah apa yang membuat seekor burung menjadi sebuah objek yang menarik untuk dieksploitasi dalam industri game. Pasca populernya Angry Birds, munculah pendatang baru yang langsung menarik perhatian dunia dalam hitungan hari. Apa lagi kalau bukan Flappy Bird.

Game yang disebut sebagai game terburuk sekaligus terpopuler oleh majalah Times tersebut memang tidak menawarkan grafis yang bagus maupun gameplay menarik layaknya Angry Birds.

Meski demikian, game ciptaan programer asal Vietnam ini mampu membuat banyak orang gemas sekaligus frustasi, karena dianggap sangat sulit.

Dalam game tersebut, pengguna diwajibkan untuk bisa menerbangkan burung melewati pipa dengan cara mengetuk layar ponsel. Meski terkesan mudah, kenyataan bicara sebaliknya.

Pengguna harus menekan layar dengan momentum yang benar-benar tepat. Jika tidak, burung akan terjatuh sehingga gameanpun berakhir.

7. Pokemon Go

7 Game Ponsel yang Populer dan Melegenda

Tidak akan ada yang menyangkal ketika Pokemon Go disebut sebagai game legendaris yang paling berpengaruh. Dalam waktu singkat, game ini mampu mencapai puncak kejayaannya.

Sangking populernya, game yang didukung dengan teknologi augmented reality (AR) dan mengadaptasi model game real time ini sempat menjadi isu nasional di beberapa negara.

Di Indonesia sendiri, game buatan Niantic ini sempat dibumbui dengan cerita-cerita menarik. Mulai dari pengalaman ojek online yang mendapat berkah akibat perilaku nyeleneh para pemainnya, ketakutan negara akan keamanan nasional, hingga kabar jika game ini diciptakan oleh sekte pemuja Iblis.

Nah dari 7 game diatas manakah yang pernah kamu mainkan? berikan komentarmu di bawah ya!