6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

6 Hal yang harus diperhatikan saat membeli smartphone – Smartphone di era ini memanglah beragam, mulai dari smartphone yang memiliki spesifikasi hardware tinggi sampai dengan smartphone yang memiliki resolusi kamera tinggi.

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Industri smartphone android semakin ramai berkat kehadiran ponsel baru setiap tahunnya. Kehadiran smartphone android tersebut menawarkan spesifikasi yang bergam dan selalu menonjolkan kelebihan dari spesifikasi yang dihadirkan.

Smartphone yang ada memang memiliki spesifikasi yang mirip sehingga para konsumen bingung untuk memilih smartphone mana yang tepat dan menjadi pilihannya.

Lalu hal apa sajakah yang harus diperhatikan konsumen yang ingin membeli sebuah smartphone? Nah, berikut ini adalah 6 Hal yang harus diperhatikan saat membeli smartphone yang dilansir dari tekno.liputan6.com melalui Make Use Of

1. Prosesor

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Nah hal yang pertama harus diperhatikan pada saat membeli sebuah smartphone adalah mengenai prosesor yang dipakai. Yups, tanpa adanya prosesor smartphone tidak mungkin menjadi perangkat yang pintar dan bisa menjalankan beragam aplikasi.

Prosesor sangat penting karena merupakan otak dari smartphone. Para pembeli ponsel biasanya menilai bagus tidaknya smartphone dari benchmark poin dari prosesor yang dipakai. Tetapi anehnya terkadang dua smartphone yang memiliki prosesor sama bisa saja memiliki nilai benchmark yang berbeda.

Ketimbang hanya memilih smartphone berdasarkan jenis prosesor, konsumen sebaiknya melihat dari sisi lainnya. Misalnya implikasi dari pemakaian sebuah prosesor, apakah baterai yang lebih hemat, kinerja multitasking yang cepat, atau penerimaan sinyal yang lebih baik.

2. RAM

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Ya, saat memilih smartphone, pertimbangan utama seseorang biasanya adalah besaran RAM. Saat ini vendor banyak memproduksi smartphone dengan RAM luas antara 4GB hingga 8GB. Masalahnya, benarkah RAM 8GB lebih baik dibanding RAM 4GB?

Jawabannya belum tentu, sebab RAM hanya berguna jika kapasitasnya digunakan. Sementara, RAM yang bebas alias kosong justru tak berguna alias sia-sia.

Singkatnya, jika kamu menggunakan aplikasi dan gim yang menyita RAM luas, tentu RAM lebih besar lebih baik. Masalahnya, saat ini tidak semua pengguna senang main gim berat yang membutuhkan RAM luas.

Oleh karena itu pastikan membeli smartphone sesuai kebutuhan. Mungkin RAM luas akan diperlukan bagi smartphone masa depan, tapi saat ini RAM 3GB atau 4GB rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Baca juga : 3 CARA MENGURANGI GANGGUAN NOTIFIKASI SMARTPHONE

3. Layar

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Layar merupakan hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membeli Android. Ada berbagai jenis layar yang digunakan vendor smartphone seperti OLED, LCD, dan lainnya.

Biasanya, OLED jadi pilihan produsen yang merilis smartphone premium lantaran layar lebih cerah, warna lebih hidup, dan hemat daya. Dari situ, kamu bisa menyimpulkan smartphone dengan layar apa yang kamu cari.

4. Baterai

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Smartphone dengan kapasitas baterai besar umumnya lebih banyak dipilih oleh konsumen. Namun sebenarnya memilih smartphone tak sesimpel itu. Perlu diketahui, kapasitas baterai kecil belum tentu baterainya lebih cepat habis.

Konsumen perlu juga mengetahui bagaimana software dan kinerja prosesor bisa mengoptimisasi baterai. Pembeli smartphone juga perlu memperhatikan faktor lain, misalnya apakah smartphone dilengkapi pengisian daya cepat.

Baca juga : INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BATERAI LITHIUM-ION

5. Ruang Penyimpanan

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Selain RAM, biasanya konsumen menanyakan “berapa kapasitas memori” sebuah smartphone. Berbagai vendor smartphone menawarkan ruang penyimpanan mulai dari 16GB hingga 32GB.

Nah, pastikan memori tersebut bisa memenuhi kebutuhan kamu dan juga perlu melihat apakah smartphone dilengkapi slot memori untuk menambah kapasitas.

6. Kamera

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Selain spesifikasi, vendor biasanya “menjual” fitur kamera. Sayangnya kamu perlu tahu, smartphone yang megapiksel kameranya besar bukan berarti hasil fotonya lebih bagus.

Bisa saja megapiksel kamera besar tapi saat memotret di tempat redup hasil fotonya biasa saja. Untuk itu, konsumen perlu mengenal teknologi yang mendukung kamera. Misalnya jenis sensor, bukaan kamera, hingga software yang digunakan untuk mengolah hasil jepretan.

Nah demikianlah 6 Hal yang harus diperhatikan saat membeli smartphone semoga kamu tidak salah ya guys pada saat membeli sebuah smartphone, jangan sampai smartphone yang kamu pilih bukanlah smartphone idaman yang kamu inginkan.