5 Tips Optimalkan Play Store Di Smartphone Android

5 Tips Optimalkan Play Store Di Smartphone Android – Aplikasi yang wajib ada di smartphone android adalah Google Play Store, dengan aplikasi ini para pengguna dapat menginstal beragam aplikasi gratis hingga berbayar dengan aman.

5 Tips Optimalkan Play Store Di Smartphone Android

Meskipun dalam penggunaannya cukup sederhana yakni cukup memasukan email, namun tahukah kamu ada beberapa tips untuk mengoptimalkan Google Play Store, dengan tips ini kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam menggunakan aplikasi Google Play Store.

Lalu apa saja tips untuk mengoptimalkan Google Play Store tersebut agar para pengguna merasakan pengalaman yang berbeda pada saat menggunakannya? Berikut ini adalah 5 Tips Optimalkan Play Store Di Smartphone Android seperti yang dilansir dari laman Make Use Of.

1. Mencari aplikasi berdasarkan pengembang

Kebanyakan pengguna Google Play Store mencari aplikasi berdasarkan nama aplikasi yang akan diinstal, nah tahukah kamu bahwa sebenarnya dalam mencari aplikasi bisa menggunakan nama pengembang atau developer dari pembuat aplikasi.

Meskipun tidak memberikan perubahan yang mendasar, namun dengan cara ini ampuh jika kamu hanya ingat nama pengembang dari aplikasi yang kamu instal. Untuk mencari aplikasi berdasarkan pengembang kamu cukup mengetikan pub:[nama pengembang] di kolom pencarian.

Baca juga : KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SMARTPHONE BERBAHAN METAL, PLASTIK DAN KACA

2. Mencoba aplikasi versi beta

Mungkin fitur yang satu ini kamu jarang mengetahinya, yups kamu dapat mencoba aplikasi versi beta sebelum versi resminya dirilis.

Google memberikan fasilitas kepada pengembang aplikasi untuk memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk mencoba aplikasi versi beta sebelum versi resminya dirilis. Dengan mengetikan kata di kolom yang bernama “Early Access”, kamu dapat mencoba menginstal beragam aplikasi versi beta atau dalam tahap pengembangan.

Tertarik mencobanya? Kamu cukup membuka kolom Early Access yang biasanya muncul di halaman depan Play Store bersama kolom lain, seperti Editor’s Choice. Karena masih versi beta, aplikasi ini masih belum sempurna dan terkadang menemukan bug atau kendala teknis lainnya.

3. Atur aplikasi baru yang muncul di layar Home

Bagi para pengguna aplikasi play store pasti sudah tak asing lagi dengan adanya shortcut aplikasi anyar yang terinstal di laman depan, tetapi dengan adanya fitur tersebut tidak semua penguna menyukainya.

Beruntung, Google memungkinkan pengguna melakukan pengaturan fitur ini. Kamu cukup membuka Settings di Google Play Store, lalu hapus centang di “Add icon to Home Screen”.

4. Periksa aplikasi yang pernah dipasang di perangkat

Pernah lupa aplikasi apa saja yang pernah dipasang di perangkat Android? Kasus semacam ini memang kerap ditemui, apalagi ketika kamu berencana untuk memasang kembali aplikasi tersebut.

Untungnya, seluruh rekam jejak aplikasi yang dipasang dalam satu akun tersimpan rapi. Kamu cukup membuka “My apps & games”, lalu pilih “Library” di kolom paling kanan. Di kolom itu, kamu dapat melihat seluruh aplikasi yang pernah diunduh.

Baca juga : DIMASA MENDATANG, BATERAI SMARTPHONE DI ISI ULANG MENGGUNAKAN AIR LAUT

5. Matikan fitur auto-update untuk hemat kuota

Pasti sebagian kamu merasa kaget dengan kuota hp yang tiba-tiba habis dikarenakan adanya fitur auto update yang ada di Google play store. Nah untuk menghindari hal tersebut sebenarnya kamu bisa saja mematikan fitur auto update yang ada di play store.

Google sendiri memberi keleluasan pada pengguna untuk mengatur aplikasi apa saja yang dapat melakukan pembaruan otomatis. Kamu cukup pilih aplikasi yang tak ingin diperbarui secara otomatis, buka tombol di atas kanan dan hapus centang di Auto-update.

Demikianlah 5 Tips Optimalkan Play Store Di Smartphone Android, apakah kamu suadh melakukannya? Atau malah baru tahu? Berikan komentarmu di bawah ya!