5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone – Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan serangan malware yang menjangkit berbgai perangkat mulai dari komputer personal sampai dengan smartphone yang masuk melalui aplikasi.

Berkenaan dengan hal tersebut, para vendor maupun para peneliti melakukan berbagai jenis fitur keamanan diantaranya yaitu menggunakan PIN maupun password maupun menggunakan pola.

Kini, muncul berbagai jenis keamanan yang memanfaatkan anggota tubuh atau orang menyebutnya biometrik. Nah, berikut ini adalah 5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Voice Recognition

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

Hal yang pertama akan kita bahas adalah Voice Recognition atau memanfaatkan suara pengguna. Suara pada manusia memang memiliki ciri khas alias unik pada setiap orangnya, itulah mengapa suara atau Voice Recognition dimanfaatkan untuk fitur kemanan.

Salah satu contoh yang memanfaatkan fitur kemanan Voice Recognition adalah Google Voice Recognition pada perangkat android.  Pada saat pertama kali, pengguna akan melakukan kalibrasi suara dan akan direkam dalam sistem autentikasinya.

Baca juga : 5 MITOS PONSEL ANDROID YANG TIDAK BENAR

2. Fingerprint Scanner

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

Sistem kemanan sidik jari alias Fingerprint scanner saat ini sudah marak digunakan pada smartphone kekinian. Fitur kemanan ini cukup mudah, pengguna hanya meletakan jari di daerah Fingerprint scanner. Fitur pemindai sidik jari ini ada dibagian depan, belakang maupun pada tombol power tergantung model dan vendor pembuat smartphone.

Pertanyaannya mengapa Fingerprint scanner atau pemindai sidik jari ini banyak digunakan untuk kemanan ponsel? Menurut ilmuan yang berasal dari francis yakni Galton, sidik jari pada manusia mempunyai kesamaan 1 : 64 miliar. Jadi, itulah mengapa sidik jari ini banyak digunakan untuk fitur keamanan.

3. Palm Scanner

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

Selain sidik jari, pemindai telapak tangan alias palm scanner rencananya akan digunakan sebagai sensor keamanan biometrik di masa depan. Bahkan salah satu brand smartphone asal Korea Selatan telah mendaftarkan hak patennya loh.

Samsung kabarnya akan menggunakan kamera utama dalam memanfaatkan palm scanner. Dilansir dari Engadget, walaupun sudah didaftarkan secara resmi, Samsung belum membeberkan teknologi ini akan digunakan pada Galaxy S9 atau tidak.

4. Iris & Retina Scanner

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

Mata sebagai indera penglihatan tidak luput dari teknologi ini. Kamu pun bisa menemukan pemindai mata berupa iris scanner maupun retina scanner pada beberapa perangkat smartphone yang beredar di pasar saat ini.

Sebut saja Microsoft Lumia 950 hingga yang terbaru pada seri Samsung Galaxy S8. Pemindai iris dan retina ini akan membaca pola unik pada area mata yang terdapat pada masing-masing orang. Kamu pun bisa lebih kompleks dalam menjaga keamanan smartphone kan.

Baca juga : 3 APLIKASI UTILITY UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA SMARTPHONE

5. Face Recognition

5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone

Fitur pemindai wajah alias face recognition memang melejit akhir-akhir ini. Pasalnya smartphone besutan Apple, iPhone X menanamkan FaceID menggantikan TouchID yang ditanggalkan gara-gara menghilangkan tombol Home.

Bukan hanya di iPhone X, di Android juga kamu bisa mengaktifkan fitur pemindai wajah lewat Smart Lock yang ada pada pengaturan. Kamu bisa menggunakan Trusted Face untuk membuka smartphone berbekal wajah kamu saja guys.

Demikianlah 5 Penggunaan Sensor Biometrik Pada Smartphone yang jarang diketahui oleh banyak orang. Dengan menggunakannya, kamu bakal lebih mudah dalam menjaga privasi. Manakah yang menurutmu paling efektif dan maksimal dalam penggunaannya? Berikan komentarmu dibawah ya!