5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah – Musibah memang tidak ada yang tahu, entah itu musibah karena bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi maupun musibah karena suatu kejadian yang menimpa kita seperti kecopetan dipasar maupun musibah lainnya tak terekcuali musibah ponsel maupun smartphone kita jatuh.

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Jatuhnya ponsel maupun smartphone pada ketinggian tertentu akan berakibat buruk ke smartphone yang kita pakai seperti layar pecah sampai mati total sehingga kita tidak bisa menggunakannya lagi.

Berbicara mengenai layar smartphone pecah, ternyata ada beberapa bahaya yang bahkan tidak kita indahkan tetapi jika dipakai terus menerus tentunya akan berdampak kepada kita sendiri.

Lalu dampak apa saja yang diakibatkan ketika kita menggunakan smartphone dengan layar pecah? Nah, berikut ini adalah 5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Penurunan Fungsi Layar Sentuh

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Pada saat layar smartphone pecah, sebgaian smartphone masih dapat berfungsi meskipun ada beberapa penurunan fungsi seperti kurang sensitif pada saat disentuh. Yups, dengan pecahnya layar smartphone akan menurunkan fungsi dari layar smartphone itu sendiri dan lama kelamaan akan spenuhnya tidak berfungsi alias tidak bisa digunakan lagi.

Faktor lainnya juga yang dapat menurunkan fungsi adalah kurangnya apik pada saat menggunakannya dan dapat mempercepat kerusakan dari layar tersebut.

Salah satu kebiasaan yang dapat mengurangi fungsi dari layar tersebut adalah sering membersihkan layar menggunakan kain kasar atau menyimpannya di saku celana yang sangat ketat. Oleh karena itu mulai dari sekarang simpanlah smartphone maupun ponsel mu di tempat yang aman ya!

Baca juga : 5 PENGGUNAAN SENSOR BIOMETRIK PADA SMARTPHONE

2. Kehilangan Proteksi/Lebih Rentan

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Salah satu fungsi dari layar adalah untuk memproteksi komponen-komponen yang ada di dalam smartphone. Dengan pecahnya layar maka komponen-komponen yang ada di dalam smartphone otomatis akan kehilangan proteksi dan akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Sebagai contoh ketika smartphone terkena tetasan air secara tidak disengaja mak akan berakibat fatal tentunya kecuali smartphone tersebut  tahan air. Sama halnya dengan debu atau hal lain yang berpotensi merusak.

3. Risiko Melukai Jari

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Hal ini tak perlu dipertanyakan lagi. Pecahan layar smartphone, apalagi jika ada yang lancip menjulang alias tajam tentunya akan berisiko melukai jari si pengguna. Terutama jika kamu tipe teledor atau hardcore gamer, maka bersiaplah jarimu jadi korban jika tetap memaksa menggunakan smartphone dengan layar pecah.

4. Risiko Pada Mata

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Menggunakan smartphone normal saja sebenarnya berisiko merusak mata pengguna, apabila digunakan secara terus-menerus, dengan jarak yang terlalu dekat dan segala cara penggunaan yang tidak baik dilakukan untuk mata. Terlebih lagi jika layar smartphone dalam keadaan pecah.

Adanya pecahan tentu membuat pandangan kita terganggu saat melihat objek yang ada di bagian layar tersebut. Alhasil, mata kita harus melakukan effort lebih untuk mampu melihat secara jelas pada bagian layar yang pecah. Jika terus dilakukan secara rutin, otomatis akan berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Baca juga : 5 MITOS PONSEL ANDROID YANG TIDAK BENAR

5. Radiasi Lebih Besar

5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Kita tentu sudah sering mendengar bahaya radiasi yang mungkin ditimbulkan dari smartphone. Dengan layar yang pecah, kondisi tersebut diyakini bisa menimbulkan radiasi yang jauh lebih berbahaya untuk para pengguna smartphone. Dilansir dari situs Vest, International Agency for Research on Cancer (IARC) bahkan mengklaim bahaya radiasi yang dipancarkan smartphone terutama dengan kondisi layar pecah.

Demikianlah 5 Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Layar Pecah, lalu apakah kamu menggunakan smartphone maupun ponsel dengan layar pecah? Mulai dari sekarang kamu harus memperbaikinya ya sob! Jangan sampai dengan retaknya layar pada smartphone berdampak kepada kita sendiri seperti yang sudah dikatakan diatas.