5 Bahaya Media Sosial Bagi Penggunanya

5 Bahaya Media Sosial Bagi Penggunanya – Di zaman ini siapa yang tidak kenal dengan media sosial, medsos atau media sosial menjadi bagian gaya hidup modern di era ini, selain bisa melampiaskan ekspresi media sosial juga dapat menjadi media untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

5 Bahaya Media Sosial Bagi Penggunanya

Media sosial juga banyak digunakan oleh para penggunannya untuk tempat curhat bahkan tak mungkin dijadikan tempat untuk saling menjelek-jelekan orang. Dengan medsos juga kita bisa mencari kenalan baru maupun dapat mengatur janji untuk bertemu dengan seseorang.

Selain banyak manfaatnya, ternyata medsos juga dapat mengakibatkan hal-hal yang negatif. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai bahaya dari medsos alias media sosial yang bisa berbahaya bagi kehidupan sosial, personal sampai dengan bahaya finansial jika kita tidak bijak dalam menggunakannya. Berikut adalah 5 bahaya media sosial bagi penggunanya!

1. Kehilangan Kendali

Banyak sekali orang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berekspresi. Hal ini memang tidak salah, namun yang menjadi masalah adalah ketia orang yang menggunakan medsos tersebut berlebihan sampai tidak ada batasanya. Hal ini dikarenakan mereka berfikir bahwa di medsos semua orang dapat berekspresi dengan bebas tanpa aturan dan pada kenyataannya tidak!

Banyak sekali kita mendengar berita perceraian, perselingkuhan dan beredar foto syur di medsos dan ini salah satu orang yang mengguakan medsos kehilangan kontrol sehingga mereka bebas ekspresi. Salah satunya adalah melampiaskan dendam dengan cara menyebarkan foto syur. Atau bahkan saling hujat di medsos merupakan bukti bahwa orang tersebut kehilangan kendali.

2. Kehilangan Jati Diri dan Privasi

Dampak dari penggunaan medsos selanjutnya adalah membuat penggunanya mudah mengekspresikan dirinya. Sebagai contoh kita sering menjumpai artis dadakan yang berasal dari instagram, snapchat dan media sosial lainnya. Hal ini membuktikan bahwa medos menjadikan seseorang kehilangan jati diri.

Seseorang yang pada dunia nyata terlihat pendiam dan tidak banyak bicara bisa berubah di media sosial menjadi orang yang sering berkata kasar dan menmpilkan foto yang tidak senonoh dan perlahan-lahan dirinya mulai kehilangan jati yang sesunguhnya. Lama kelamaan dirinya akan mendapatkan tekanan dan akan berdampak kepada kehidupan personalnya.

Baca juga : PANCARAN SINAR BIRU PADA GADGET BAHAYAKAN MATA ANDA

Disadari atau tidak oleh pengguna medsos bahwa privasi seseorang dapat diketahui dengan sangat mudah. Sebagian pengguna medsos pasti membagikan foto bahkan membuat status yang menunjukan dirinya sedang berda di sebuah tempat. Sadar atau tidak hal tersebut dapat membahayakan kamu di dunia nyata.

Dengan mengetahui informasi mengenai lokasi dimana kamu berada, orang tidak bertanggung jawab akan mudah melancarkan aksinya karena target yang di incarnya berda pada suatu lokasi. Bahkan para peretas akan dapat mencuri semua data yang ada seperti foto dan kemudian menyebarkannya ke publik dengan kata-kata yang tidak pantas.

3. Kehilangan Uang

Foto sana foto sini, terus bagikan ke Instagram. Rekam ini rekam itu, tak lupa bagikan juga ke Path dan YouTube. Tapi sadar gak sih kalo hal itu akan membuat kuota kamu cepat habis? Karena kuota dibeli dengan uang, maka jelas bahwa media sosial ini secara tidak langsung membuat kamu kehilangan uang. Media sosial yang banyak dijadikan media promosi juga bisa jadi penyebab kamu kehilangan uang secara langsung. Misalnya tergoda barang promosi di media sosial, saat dibeli malah berakhir dengan penipuan. Dan hal ini sudah banyak terjadi.

4. Kehilangan Teman

Saking asyiknya sama media sosial, beberapa orang jadi kecanduan sama smartphone. Hidupnya gak bisa lepas dari smartphone walau sedang berkumpul dengan teman sekali pun. Dampaknya secara perlahan teman-teman di sekitarnya mulai menjauhi karena merasa tidak dianggap. Ngaku deh, kamu sering kan lagi kumpul ama teman tapi malah asyik ngecek Twitter atau Path?

Baca juga : 7 BRAND PONSEL BERASAL DARI INDONESIA

5. Terjangkit Penyakit Mental

Bukan tidak mungkin gara-gara media sosial kamu jadi memendam rasa penasaran tinggi pada seseorang, sehingga berdampak jadi stalker. Tak jarang ada juga yang jadi kehilangan rasa percaya diri karena sering melihat orang yang cantik dan ganteng di media sosial.

Sepintas kamu mungkin menyangka hal wajar, padahal sebenarnya kamu mulai terjangkit penyakit mental gara-gara terlalu sering main media sosial. Mengerikan bukan?

Semoga dari 5 bahaya media sosial bagi penggunanya di atas bisa menjadi cambuk yang menyadarkan kamu. Bahwa sebagai media berekspresi, sosial media juga menyimpan bahaya jika digunakan tidak bijak. Untuk itu, yuk gunakan media sosial secara bijak agar bisa menyelamatkan hidup personal dan sosialmu!