4 Tips Menggunakan Smarthphone di Luar Negri

4 Tips Menggunakan Smarthphone di Luar Negri – Gadget yang wajib ada dan selalu dibawa kemana saja adalah smartphone. Smartphone selalu kita bawa entah pada saat sekolah, kuliah, bekerja bahkan pada saat liburan kita selalu membawa gadget yang satu ini.

4 Tips Menggunakan Smarthphone di Luar Negri

Pada saat berlibur smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga digunakan untuk mengabadikan setiap momen yang ada.

Berbicara mengenai liburan, ada orang yang liburan hanya di dalam negri seperti di bandung, jogja dan berbagai kota besar lainnya dan ada juga yang liburan keluar negri.

Pada saat liburan tentunya kita menginginkan komunikasi yang selalu lancar tanpa hambatan pada saat menggunakan smartphone.

Memang di luar negri menggunakan smartphone tidak perlu pengaturan khusus untuk tetap bisa menggunakan smartphone, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan smartphone agar komunikasi tetap berjalan.

Untuk memastikan smartphone kamu bisa digunakan untuk berkomunikasi di luar negri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sperti yang dilansir dari Trip Savvy berikut ini.

1. Pastikan smartphone mu bisa digunakan di luar negeri

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan memastikan bahwa smartphone kamu bisa digunakan diluar negri dan biasanya operator seluler yang berada diluar negri menggunakan teknologi serta frekuensi yang berbeda, sehingga smartphone yang kamu gunakan belum tentu bisa digunakan di Negara lain.

Untuk memastikannya kamu bisa mengecek persinyalan yang ada di smartphone milikmu, apakah mendukung quad-band GSM atau tidak dan jika mendukung hal tersebut maka dipastikan smartphohne milikmu bisa digunakan diluar negri.

Setelah dipastikan, hal selanjutnya adalah pastikan fitur roaming internasional aktif dan jika belum mengaktifkannya kamu bisa menghubungi operator seluler yang bersangkutan.

Baca juga : NAMA IBU KANDUNG DISERTAKAN PADA REGISTRASI KARTU SIM?

2. Punya paket roaming

Untuk memakai smartphone di luar negri memerlukan biaya yang tidak sedikit, maksudnya jika kamu ingin tetap bisa berkomunikasi dan mengakses internet maka memerlukan biaya yang lebih dibandingkan di dalam negri.

Jika kamu tidak ingin menerima tagihan telepon telepon yang biayanya sampai jutaan rupiah, maka sebaiknya siapkanlah paket roaming untuk SMS, telepon dan internet. Kasus seperti ini biasanya terjadi pelanggan pascabayar.

Paket roaming internasional memang lebih mahal daripada biaya yang harus dikeluarkan saat di dalam negeri. Namun harganya akan jauh lebih murah dibandingkan tidak menggunakan paket roaming.

3. Pakai kartu SIM lokal

Jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk roaming, kalian bisa menggunakan kartu SIM yang tersedia di negara tujuan.

Harga jualnya tergantung negara yang akan dituju dan biasanya sudah bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS dan internet selama beberapa pekan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk bisa mengganti kartu SIM, pastikan smartphone adalah versi unlocked alias tidak terikat kontrak dengan operator seluler.

Jika tidak lagi terikat kontrak dengan operator, kalian bisa menghubungi operator seluler bersangkutan untuk “membuka kunci” smartphone.

Baca juga : 5 KISAH GAMER YANG MENGUBAH KEHIDUPAN

4. Pakai WiFi dan aplikasi pesan

Jika kalian tidak ingin mengeluarkan biaya untuk paket roaming, ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Manfaatkan jaringan WiFi dan gunakan aplikasi mobile seperti Skype dan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Kalian harus mematikan konektivitas data seluler sebelum pesawat mendarat di tempat tujuan dan biarkan tetap seperti itu sampai tiba kembali di negara asal.

Pasalnya jika data seluler tetap aktif tanpa paket roaming saat di luar negeri, sangat mungkin pulsa habis karena smartphone mengunduh file tanpa sepengetahuan kalian.

Untuk mencegah hal semacam itu terjadi, matikan data seluler dan gunakan WiFi selama di luar negeri. Banyak tempat saat ini sudah dilengkapi dengan jaringan WiFi seperti kafe dan restoran. Ada yang menyediakan WiFi secara gratis, tapi juga ada yang berbayar dengan harga lebih murah daripada paket roaming.

Selain itu, kalian bisa memanfaatkan fitur panggilan suara, panggilan video dan pengiriman pesan yang ada pada sejumlah aplikasi seperti Skype dan WhatsApp.

Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan jaringan WiFi, sehingga membuat biaya hidup di luar negeri jauh lebih murah.

Kemajuan teknologi memang membuat banyak hal menjadi lebih mudah, termasuk saat berlibur di luar negeri. Berbekal beberapa persiapan di atas, berlibur di luar negeri dengan smartphone akan menjadi lebih mudah dan hemat.

Selamat bersenang-senang!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *