myspace tracker

Waspada Terhadap Serangan Virus Baru yaitu Ransomware Petya

Waspada Terhadap Serangan Virus Baru yaitu Ransomware Petya – KEMINFO atau Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meminta kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap serangan virus Ransomware Petya yang kini sedang menyerang berbagai komputer di seluruh dunia. Menurut Kominfo cara kerja virus ini sama seperti ransomware Wannacry yang ramai menyerang berbagai komputer personal maupun komputer milik organisasi pada pertengahan Mei 2017 lalu.

Waspada Terhadap Serangan Virus Baru yaitu Ransomware Petya
Ransomware Petya

Menurut keterangan Pers dari kominfo pada hari kamis (29/6), meminta kepada seluruh msayarakat yang memiliki komputer baik PC maupun laptop untuk berhati-hati terhadap serangan virus ini.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus ini yaitu dengan cara melakukan pencadangan data ke media penyimpanan eksternal, dan tidak menghubungkan komputer ke Jaringan Lokal maupun Internet sebelum menghidupkan komputer. Hal ini berlaku bagi siapa saja baik perorangan maupun perusahan atau oragnisasi yang memiliki komputer.

Apabila beberapa hal diatas sudah dilakukan maka pengguna komputer harus dibiasakan untuk menyimpan data ke media penyimpanan eksternal dan melakukan backup secara berkala guna menghindari serangan virus tersebut.
Beberapa hal lainnya yang dapat meminimalisir penyebaran virus Ransomware Petya ini adalah dengan cara menggunakan Sistem operasi dan Software yang original dan lakukan update dengan patch terbaru. Pengguna juga disarankan untuk menginstal Antivirus dan gunakan kata sandi yang aman serta menghidupkan firewall yang ada pada komputer.

Kominfo juga telah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus ini di indonesia dan akan terus memantau penyebaran virus tersebut. Berbagai notifikasi juga telah dilakukan oleh kominfo melalui ID-SIRTII (organisasi yang diampu oleh Kementerian Kominfo yang antara lain untuk menangani insiden seperti serangan siber) kepada para mitra yang telah bekerja sama.

Para mitra yang melakukan bekerja sama dengan ID-SIRTII tersebut diantaranya adalah para penyelenggara jasa internet, NAP dan kepada Kementerian/Lembaga.
Kita ketahui bersama bahwa di berbagai belahan dunia Ransomware Petya telah menyerang berbagai komputer milik berbagai perusahaan. Negara yang telah merasakan dampak dari virus ini antara lain Ukraina, Amerika Serikat, Spanyol, Inggris, Rusia dan juga sejumlah negara lainnya ikut terserang oleh ganasanya virus ini.

Bahkan di ukraina virus Ransomware Petya telah menyerang sistem komputer kapal selam dan beberapa komputer milik supermarket. Virus Ransomware Petya juga memiliki modus yang sama yaitu meminta uang tebusan kepada komputer yang terkena virus tersebut.

Serangan virus ransom Petya mulai terjadi pada Selasa, 27 Juni 2017 kemarin. Virus ini bekerja dengan alat hacking Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai EternalBlue.

Kelompok di balik serangan ini belum diketahui. Pusat Keamanan Cyber Nasional Inggris (NCSC), sebuah cabang dari badan intelijen GCHQ, mengaku sudah tahu perihal serangan cyber global ini.
“Kami mengetahui adanya insiden ransomware global dan memantau situasinya dengan ketat,” kata pihak NCSC.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *