myspace tracker

Pancaran Sinar Biru pada Gadget bahayakan Mata Anda

Pancaran Sinar Biru pada Gadget bahayakan Mata Anda – Dampak dari kemajuan dan kecanggihan teknologi membuat manusia lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan maupun dalam berkomunikasi sehar-hari. Beragam perangkat diciptakan untuk menjamin kemudahan dalam berkomunikasi maupun kemudahan dalam melakukan berbagai hal.

Pancaran Sinar Biru pada Gadget bahayakan Mata Anda
Pancaran sinar biru

Ketika anda menggunakan komputer, laptop maupun smartphone tidak bisa di hindari bahwa cahaya yang dikeluarkan dari perangkat tersebut dapat berefek terhadap mata anda terutama pancara cahaya biru yang dikeluarkan oleh perangkat tersebut.

Pancaran sinar biru atau blue light merupakan sinar terjauh yang bisa ditangkap oleh mata kita (visible light). Sinar biru tersebut memiliki panjang gelombang pada kisaran 380-500 nm. Kekuatan sinar tersebut dapat dikategorikan sebagai  High-Energy Visible jika dibandingkan dengan cahaya yang tampak lainnya.

Sumber alami dari sinar biru sebenarnya terdapat pada matahari namun sinar ini juga dapat dipancarkan oleh perangkat-perangkat elektronik seperti komputer, laptop, smartphone dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Baca juga : MATA ANDA JULING? MUNGKIN BISA JADI KARENA SMARTPHONE

Walaupun kekuatan sinar yang di keluarkan oleh perangkat elektronik tidak sebesar yang dipancarkan oleh matahari namun jika sinar yang berasal dari perangkat elektronik seperti Komputer, Laptop, Smartphone, maupun Televisi dilakukan secara terus menerus dapat berdampak terhadap mata anda. Terlebih tren smartphone yang semakin berkembang maka anda mau tidak mau akan terus terpapar oleh cahaya yang berasal dari smartphone tersebut.

Di sisi lain, dalam jangka pendek paparan sinar matahari tersebut bisa memberikan dampak pada gangguan jam istirahat tubuh sebab akan membuat mata terus melek yang seharusnya mata diistirahatkan. Selain itu, pengguna juga bisa terkena gangguan mata yang diakibatkan karena perangkat digital tewrsebut yang disebut dengan Digital Eyestrain Syndrome. Tak hanya itu, bahkan dalam jangka waktu panjang paparan sinar biru bisa mempercepat terjadinya degenerasi makula yang ujung-ujungnya mengalami kebutaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *