myspace tracker

Mata Anda Juling? Mungkin Bisa Jadi Karena Smartphone

Mata Anda Juling? Mungkin Bisa Jadi Karena Smartphone – Di era modern smartphone menjadi barang yang wajib ada pada setiap kehidupan sehari-hari. Smartphone tidak bisa dilupakan bahkan penggunaan smartphone kini tidak digunakan pada kalangan orang tua saja namun sudah mewabah ke kalangan reamaja bahkan anak-anak kali ini sudah menggunakan smartphone.

Mata Anda Juling? Mungkin Bisa Jadi Karena Smartphone
Dampak smartphone

Hampir setiap orang menggunakan smartphone lebih dari satu jam bahkan bisa berjam-jam setiap harinya. Ada juga orang yang ketika sebelum dan pada saat bangun tidur tidak bisa lepas dari yang namanya smarphone. Seperti barang yang berharga lainnya gerak gerik dari smartphone tiap menit bahkan tiap detik terus diperhatikan.

Meski smartphone dapat memudahkan komunikasi antar manusia tetapi ada baiknya disesusaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Anak-anak remaja pada zaman ini menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan bukan untuk alat pelengkap dalam komunikasi. Sebut saja tren media sosial yang semakin banyak juga dapat berpengaruh terhadap kehidupan mulai dari munculnya budaya selfie di setiap gerak gerik langkah bahkan setiap kali kita akan makan budaya selfie wajib ada untuk memperlihatkan bahwa kita eksis di media sosial.

Namun dibalik kecanggihan smartphone yang kita miliki banyak sekali dampak negatif terhadap kesehatan mata. Ya jika kita menggunakan  smartphone berlebihan seperti menggunakannya sambil tiduran atau dalam keadaan tidak ada cahaya dan hanya ada cahaya dari smartphone yang menerangi mata kita bisa berdampak tidak baik terhadap mata.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dokter dari dokter Chonnam National University yang mengungkapkan bawa jika penggunaan smartphone terlalu berlebihan terutama pada anak-anak dapat membahayakan mata pengguna smartphone tersebut. Penggunaan smartphone dapat menyebabkan strabismus atau juling, hal ini bisa terjadi saat bola mata tidak melihat fokus pada satu titik yang sama atau menyimpang baik ke dalam, luar, atas maupun bawah. Penelitian tersebut dilakukan pada anak-anak usia 7 – 16 tahun yang rata-rata mereka menggunakan smartphone bisa 4 sampai 8 jam setiap hari. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa rata-rata penggunaan smartphone berada dalam jarak yang dekat yaitu sekitar 20 cm dari wajah.

Sejatinya dalam menggunakan smartphone waktu penggunaanya tidak boleh melebihi waktu 30 menit. Jika lebih dari itu kemungkinan untuk menderita gangguan mata dan penggunaan kacamata serta gejala mata juling sangatlah besar.

Selain itu, penggunaan smartphone yang berlebihan juga bisa menyebabkan Text Claw dan Cell Phone Elbow Claw. Text Claw sendiri berarti kram dan nyeri otot yang terjadi pada jari saat menggunakan smartphone terlalu lama. Sedangkan Cell Phone Elbow Claw merupakan kondisi kesemutan atau mati rasa di sela-sela jari akibat menekuk siku terlalu lama.

Banyak sekali dampak negatif yang disebabkan oleh penggunaan smartphone yang bisa mengakibatkan serta mengancam kesehatan anda mulai dari kesehatan psikologi seperti dan juga kesehatan fisik lainnya. Sebaiknya gunakan smartphone maupun benda elektronik yang memencarkan cahaya secara teratur dan jangan berlebihan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *