myspace tracker

Inilah Komputer Kuantum Tercanggih di Dunia

Komputer Kuantum Tercanggih di Dunia – Berbicara mengenai teknologi informasi pada saat ini memang tidak ada habisnya, berbagai inovasi yang telah diciptakan oleh manusia semakin menghidupkan dan menjadikan teknologi informasi semakin mendominasi pada kehidupan kita di era ini. Peran teknologi ini sangat berpengaruh pada kehidupan manusia di era yang sangat modern.

Komputer Kuantum Tercanggih di Dunia

Peran serta manfaat dari teknologi pada masa ini tidak dapat diragukan lagi salah satunya yaitu teknologi yang ada pada komputer. Kita ketahui bersama bahwa semakin bertambahnya kecepatan komputer yang ada semakin memperjelas bahwa teknologi komputer sangat cepat berkembang dan banyak mengalami perubahan yang sangat cepat.

Tidak hanya itu ukuran serta kapasitasnya semakin kecil namun memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, sebagai contoh hardisk atau memori penyimpanan pada komputer yang mengalami perubahan bentuk maupun kemampuan yang semakin cepat serta memiliki kapasitas yang besar. Pada kehidupan sehari-hari fungsi dari ponsel atau telepon genggam tidak hanya berfungsi sebagai menelpon saja melainkan beralih fungsi menjadi bagian dari gaya hidup kita. Semua itu merupakan contoh yang sangat nyata bahwa perkembangan teknologi berjalan dengan sangat cepat dan mengalami berbagai perubahan.

Teknologi yang ada pada komputer sangat berkembang sangat cepat dan mengalami berbagai kemajuan dan perkembangan. Komputer tidak hanya menjadi alat atau mesin untuk mengetik melainkan juga bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan maupun kebutuhan kantor serta kebutuhan sehari-hari. Meski komputer berkembang serta mengalami perubahan yang sangat cepat tidak dapat memuaskan keinginan manusia untuk menciptakan komputer yang benar-benar cepat atau super komputer.

Komputer yang banyak dibicarakan banyak orang di era ini yaitu komputer kuantum yang diberi julukan dengan nama super komputer. Komputer kuantum atau Quantum Computer memanfaatkan fenomena yang tidak biasa atau cukup aneh yaitu superposisi. Hal yang membedakan dengan komputer pada umumnya yaitu teknologi Komputer Kuantum ini tidak menggunakan Bits pada umunya komputer tetapi menggunakan teknologi Qubits atau Quantum Bits.

Super komputer ini juga berbeda dengan komputer pada umunya karena perhitungan yang dilakukan tidak secara linier melainkan secara simultan atau melakukan perhitungan secara bersamaan. Hal inilah yang membuat kecepatan pemrosesan pada komputer kuantum ini sangat cepat dan berbeda dengan komputer pada umumnya.

Pada komputer kuantum ini juga terdapat beberapa gate seperti yang terdapat pada komputer pada umunya yang berfungsi untuk pengaturan dalam Qubits. Menurut informasi yang didapatkan Komputer kuantum atau komputer super ini sudah menghasilkan 7 Qubit, tetapi beberapa tahun yang akan mendatang komputer ini akan menghasilkan hingga 100 Qubit.

Mengenai teori yang digunakan pada super komputer atau komputer kuantum ini pertama kali dicetuskan oleh fisikawan yang berasal dari Argonne National Laboratory sekitar 20 tahun yang lalu.
Adalah Paul Benioff merupakan orang yang pertama kali menerapkan teori fisika kuantum ini pada dunia komputer di tahun 1981.

Berbeda pada komputer yang kita gunakan sehari-hari yang merupakan komputer dengan pemrosesan digital, hal ini sangat berbeda dengan super komputer atau komputer kuantum. Jika komputer digital bekerja dengan bantuan dari microprocessor yang berbentuk chip kecil tersusun dari banyak transistor. Rangkaian chip kecil inilah yang kita sebut sebagai istilah CPU atau Central Processing Unit.

Komputer kuantum atau super komputer ini memanfaatkan fenomena cukup aneh yang disebut dengan super posisi. Dlam teori mekanik kuantum selain 0 dan 1 dikenal juga dengan super posisi dari keduanya. Dengan demikian keadaannya bisa berupa 0 dan 1, bukan hanya 0 atau 1 sperti pada komputer digital.

Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi QUBITS (Quantum Bits). Karena kemampuannya untuk berada di bermacam keadaan (multiple states), komputer kuantum memiliki potensi untuk melaksanakan berbagai perhitungan secara simultan sehingga jauh lebih cepat dari komputer digital.

Komputer kuantum menggunakan partikel yang bisa berada dalam dua keadaan sekaligus, misalnya atom-atom yang pada saat yang sama berada dalam keadaan tereksitasi dan tidak tereksitasi, atau foton (partikel cahaya) yang berada di dua tempat berbeda pada saat bersamaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *