myspace tracker

Inilah Jenis-jenis RAM yang jarang kamu ketahui

Jenis-jenis RAM yang jarang kamu ketahui – RAM atau (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data untuk sementara, semakin besar memori maka semakin besar pula data yang dapat di proses.

Jenis-jenis RAM yang jarang kamu ketahui
Jenis-jenis RAM yang jarang kamu ketahui

RAM juga bisa menentukan kecepatan sebuah komputer untuk memproses data. RAM berfungsi sangat penting karena menyimpan sementara informasi data yang akan ditayangkan pada sebuah monitor atau perangkat output lainnya. RAM juga dapat berfungsi untuk membantu prosesor dalam pengolahan data. Data tidak disalurkan langsung ke prosesor tetapi melewati RAM dan kemudian disalurkan ke prosesor.

Berikut ini adalah beberapa jenis umum dari RAM:

  • SRAM (Static Random Access Memory) : Akses memori acak bersifat statis menggunakan beberapa transistor, biasanya empat sampai enam transistor untuk setiap sel memori tetapi tidak memiliki sebuah kapasitor di setiap sel. Hal ini digunakan terutama untuk cache. Sehingga tidak lagi perlu disegarkan secara berkala dan lebih cepat dari DRAM. Berdasarkan fungsi terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.
  • DRAM  (Dynamic Random Access Memory): memiliki sel memori berpasangan dengan transistor dan kapasitor memerlukan waktu yang konstan untuk menyegarkan agar data tidak hilang dan bersifat dinamis.
  • FPM DRAM: memori dengan modus yang cepat dan merupakan bentuk asli dari DRAM. Cara kerjanya menunggu melalui seluruh proses kemudian mengambil sedikit data dengan kolom dan baris sampai dimulai pada bit berikutnya. Kecepatan maksimum transfer untuk L2 cache adalah sekitar 176 MBps.
  • EDO DRAM: Extended memori diakses secara acak dan bersifat dinamis. Data keluar tidak menunggu sampai semua pengolahan bit pertama selesai dan segera diproses setelah alamat bit pertama ini berada dan EDO DRAM mulai mencari bit berikutnya. Kecepatannya sekitar lima persen lebih cepat daripada FPM. Kecepatan maksimum transfer untuk L2 cache adalah sekitar 264 MBps.
  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory): memori ini mengambil keuntungan dari konsep mode burst untuk meningkatkan kinerja. Hal ini dilakukan dengan menyimpan data di baris yang mengandung sedikit bit dan bergerak dengan cepat melalui kolom, membaca setiap bit kemudian pergi. Sebagian besar waktu data yang dibutuhkan oleh CPU akan ada dalam urutan. Kecepatan SDRAM sekitar lima persen lebih cepat daripada EDO RAM. Kecepatan maksimum transfer untuk L2 cache adalah sekitar 528 MBps.
  • DDR SDRAM: kecepatan data ganda RAM yang dinamis seperti SDRAM serta memiliki bandwidth yang lebih tinggi, artinya kecepatannya lebih besar. Kecepatan maksimum transfer untuk L2 cache adalah sekitar 1.064 MBps (untuk DDR SDRAM 133 MHZ). DDR RAM juga Merupakan jenis memori yang sangat cepat dan populer pada saat ini, banyak di gunakan pada komputer atau laptop. Arsitektur pada DDR RAM sama dengan SDRAM tetapi menggunakan sinyal clock yang berbeda sehingga kecepatan transfer data lebih cepat dalam waktu yang sama.
  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory): Dirancang oleh Rambus, RDRAM menggunakan Rambus di-line modul memori (RIMM), yang serupa dalam ukuran dan pin. Apa yang membuat RDRAM begitu berbeda adalah penggunaan data berkecepatan tinggi dan disebut saluran Rambus. Chip memori RDRAM bekerja secara paralel untuk mencapai tingkat data 800 MHz, atau 1.600 MBps. Karena mereka beroperasi pada kecepatan tinggi, mereka menghasilkan lebih banyak panas. Untuk membantu menghilangkan kelebihan panas Rambus chip dilengkapi dengan penyebar panas, yang terlihat seperti wafer tipis memanjang. RDRAM memiliki versi lebih kecil dari DIMM, ada juga SO-RIMMs yang dirancang untuk komputer notebook.
  • Kartu memori PCMCIA: modul DRAM untuk notebook, memori jenis ini tidak eksklusif dan harus bekerja dengan komputer notebook.
  • CMOS RAM: CMOS RAM adalah istilah untuk jumlah kecil memori yang digunakan oleh komputer. Memori ini menggunakan baterai kecil untuk menyediakan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan isi memori sehingga data di dalam memori tidak hilang pada saat daya dimatikan.
  • VRAM: VideoRAM, juga dikenal sebagai memori akses acak dinamis multiport (MPDRAM). Jenis RAM yang digunakan khusus untuk akselerator adapter video atau 3D biasanya memiliki dua port akses mandiri memungkinkan prosesor CPU dan grafis untuk mengakses RAM secara bersamaan. VRAM terletak pada kartu grafis serta datang dalam berbagai format. Jumlah VRAM merupakan faktor yang menentukan resolusi kedalaman warna layar. VRAM juga digunakan untuk menahan informasi grafis khusus seperti peta 3-D geometri data dan tekstur. Memang  multiport VRAM cenderung mahal, jadi banyak kartu grafis menggunakan SGRAM (sinkron grafis RAM) sebagai gantinya. Kinerjanya hampir sama, tetapi SGRAM lebih murah.
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *