myspace tracker

9 Istilah teknologi bahasa indonesia yang “awam” diketahui oleh banyak orang

9 Istilah teknologi bahasa indonesia – Dalam kegiatan sehari-hari kita banyak sekali menggunakan berbagai istilah yang bahkan sebagian orang tidak memahaminya, itu karena istilah tersebut diambil dari berbagai bahasa asing. Dikarenakan kita hidup di era globalisasi tak terkecuali bahasa terkadang kita menggunakan bahasa selain bahasa indonesia untuk berkomunikasi dengan orang lain seperti bahasa inggris.

9 Istilah teknologi bahasa indonesia
Berbicara mengenai teknologi pasti banyak sekali istilah asing yang dipakai untuk menunjukan sebuah benda maupun istilah. Ya dikarenakan penemuan teknologi banyak dilakukan di luar negri, dengan demikian kita harus terbiasa dengan kata-kata asing yang bukan dari bahasa indonesia.
Berikut adalah beberapa istilah teknologi yang jarang diketahui artinya dalam bahasa indonesia.

1. Gawai
Apkah anda pernah mendengar kata gawai? Dalam kamus besar bahasa indonesia gawai berarti kerja atau pekerjaan. Selain itu juga kata “gawai” bisa diartikan sebagai perkakas atau peranti elektronik dengan fungsi praktis.
Dengan pengertian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa kata gawai bisa diartikan sebagai benda atau peranti elektronik yang mempunyai fungsi praktis. Atau dengan kata lain kita biasa menyebutnya sebagai “gadget”.
Lalu populeran mana kata gawai atau gadget sob?

2. Tetikus
salah satu istilah ini mungkin jarang kita dengar, yups tetkus merupakan padanan kata dari mouse. Tetikus jika dilihat dalam kamus besar bahasa indonesia merupakan sebuah perangkat periferal dalam komputer yang menyerupai tikus yang berfungsi untuk mengendalikan kursor pada komputer. Dengan kata lain “tetikus” merupakan istilah lain dari “mouse”.

3. Daring
Kebutuhan akan dunia maya semakin menjamur dan mendarah daging didalam kehidupa manusia saat ini. Jika kita tidak merasakan satu hari tanpa internet rasanya hampa dan mati gaya. Dengan perangkat gawai yang terkoneksi ke jaringan internet kita dapat dengan mudah mengakses media online di internet salah satunya facebook.
Kata daring itu sendiri berarti “dalam jaringan” yang bisa disamakan dengan kata online dalam bahasa inggris. Lalu lebih suka daring atau online sob?

4. Peramban
salah satu media untuk mengakses internet diperlukan sebuah aplikasi yang bisa mengantarkan kita ke berbagai laman yang ada. Salah satu aplikasi tersebut adalah browser.
Dengan bantuan peramban kita akan lebih mudah dalam berselancar di dunia maya.
Kata peramban itu sendiri merupakan istilah lain dari browser yang sering kita gunakan untuk mengakses media online.

5. Tautan
ketika kita berselancar menggunakan peramban maka akan terlihat banyak tautan yang ditampilakan pada mesin pencari.
Istilah tautan mungkin tidak terlalu asing bagi pengguna peramban, yups istilah tautan merupakan kata lain dari “link” dalam bahasa inggris.

6. Unggah dan Unduh
kata unduh sering kita dengar pada saat berselancar di dunia maya kemudian kita akan mengambil sebuah file yang diperlukan pada sebuah situs. unduh atau download sama-sama mempunyai arti mengambil sebuah fie di internet yang kemudian kita simpan pada media penyimpanan komputer pribadi. Sementara uanggah sama srtinya dengan upload.
Yups kedua istilah tersebut tidak terlalu asing bagi anda yang suka mengunduh maupun mengunggah sebuah video ke youtube.

7. Tagar
Sesuatu yang terjadi dan menjadi heboh berawal dari tanda tagar atau biasa disimbolkan dengan “#”. Yupa tagar alias tanda pagar mempunyai padanan dari hashtag dalam bahasa inggris.

8. swakarya
mungkin istilah ini asing ditelinga kita namun istilah swakarya merupakan padanan dari do it yourself. Swakarya dapat berarti inovasi maupun karya yang dibuat oleh ide diri sendiri. Dalam kamus besar bahasa indonesia swakarya berarti hasil kerja sendiri.

9. Swafoto
Istilah “selfie” mungkin lebih populer dibandingkan dengan istilah “swafoto”. Di era digital ini kalangan muda sampai tua gemar sekali melakukan foto selfie baik sendiri maupun beramai-ramai dengan teman. Menurut KBBI swafoto merupakan potret yang dilakukan sendiri dengan menggunakan kamera ponsel maupun digital dan biasanya untuk diunggah ke media sosial. Swafoto memliki arti yang sama dengan selfie, namun orang-orang lebih populer dengan istilah selfie dibandingkan dengan swafoto.

Lalu apakah kalian masih punya istilah lainnya? Atau 9 istilah diatas masih asing ditelinga sobat semuanya?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *