myspace tracker

Inilah Negara Pembuat Ponsel Terbesar di Dunia

Negara Pembuat Ponsel Terbesar di Dunia – Berbicara mengenai ponsel memang tidak ada habisnya, itu karena dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berbagai jenis ponsel sudah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ada ponsel yang diciptakan hanya untuk sekedar komunikasi saja seperti mengirimkan SMS atau hanya menelpon saja dan ada juga ponsel yang bisa lebih dari sekedar untuk komunikasi saja seperti ponsel pintar atau Smartphone. Beragam macam serta bentuk ponsel di era ini sangatlah beragam, mulai dari warna, desain, fitur, teknologi serta harga bisa kita dapatkan dengan sangat mudah.

Negara Pembuat Ponsel Terbesar di Dunia

 Namun dibalik kecanggihan ponsel yang kamu dapatkan tersebut tahukah dimana ponsel tersebut diproduksi? Mungkin kebanyakan dari anda menjawabnya dari “China”. Ya memang betul China saat ini menjadi negara pemroduksi ponsel khusunya ponsel pintar terbesar di dunia. Berbagai bentuk serta teknologi diterapkan pada ponsel buatannya, sebut saja beberapa merk yang terkenal seperti Huawei, Oppo, Xiaomi dan masih banyak lagi merk ponsel yang dibuat di negara tirai bambu tersebut.

Lalu negara mana sajakah yang memproduksi ponsel sehingga banyak sekali bermunculan produk baru setiap tahun bahkan setiap minggunya. Apakah diantara anda ada yang mengetahuinya? Berikut adalah 6 negara yang memproduksi ponsel terbesar di dunia :

1. China

Sebagian dari anda mungkin sudah tidak aneh dengan negara china. Ya, sebagian besar produk yang ada di sekeliling kita merupakan buatan dari china, tak terkecuali ponsel. Salah satu negara pemroduksi ponsel terbesar di dunia adalah milik China. Di China terdapat beberapa bahan baku untuk membuat smartphone yang berlimpah serta dijual dengan harga yang murah. Dari 17 bahan baku langka untuk membuat smartphone, 16 ada di china. Sangat jelas bukan mengapa china menjadi negara pembuat smartphone terbesar di dunia.

Tidak hanya membuat smartphone sendiri, china juga membuatkan smartphone milik vendor lainnya seperti Samsung dan Apple. Ada juga Smartphone buatan asli China dan berhasil menjadi vendor yang besar seperti Xiaomi, Huawei, OnePlus, Oppo,  Meizu, dan ZTE merupakan vendor yang sudah terkenal dan mendunia.

Baca juga : Wow! Inilah Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan

2. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia yang terkenal dengan menciptakan teknologi yang mutakhir. Meskipun china mempunyai segalanya namun negara Jepang juga mempunyai salah satu industri pengembangan teknologi yang maju dan berkembang.

Salah satu vendor smartphone asli dari jepang adalah Sony. Negara jepang juga merupakan salah satu negara yang patut diperhitungkan dalam perkembangan dunia ponsel di dunia.

3. Korea selatan

Selain dua negara tadi, korea selatan juga masuk sebagai negra dengan pemroduksi smartphone terbesar di dunia. Mungkin ada hal yang mengejutkan mengenai sejarah dari negara korea selatan ini yaitu Negara korea selatan pernah menjadi salah satu negara termiskin di dunia tahun 1960. Namun mereka bangkit dan hingga saat ini berubah menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Selain itu juga negara ini menempati 14 negara dengan ekonomi terkuat menurut bank dunia.

Korea selatan juga tidak kalah dengan negara lainnya untuk menciptakan serta berinovasi mengenai teknologi. Salah satu Smartphone buatan negara ini yang sangat terkenal dan menjadi raja smartphone di seluruh dunia adalah Samsung. Tidak hanya Samsung vendor lainnya juga diciptakan dari negara ini seperti LG yang juga menjadi salah satu raksasa teknologi saat ini.

4. India

Negara yang membuat smartphone selanjutnya adalah india. Negara ini juga menjadi salah satu pasar smartphone terbesar dan menjadi negara target penjualan berbagai vendor di seluruh dunia. Beberapa tahun yang lalu negara ini mulai mempunyai program Made in India kalau di indonesia mirip dengan kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN. Tujuan di adakannya program ini adalah untuk meningkatkan bisnis nasional dan internasional serta untuk meningkatkan perekonomian negara melalui investasi secara langsung.

Dengan adanya kebijakan ini juga mengharuskan para vendor dari smartphone untuk membuat pabrik di negara india supaya bisa menjual smartphone mereka. Beberapa vendor besar yang membuat pabrik di India diantaranya Huawei, Lenovo dan Xiaomi. Karena inisiatif ini, dipercaya bahwa India juga akan segera menjadi pusat kekuatan teknologi mobile dari belahan dunia timur, bahkan mungkin menyaingi China. Pada 2015 saja, India menerima investasi asing dengan jumlah yang mengejutkan yakni US$63 miliar.

5. Taiwan

Taiwan juga merupakan salah satu pusat teknologi dari Asia, yang merupakan tempat kelahiran merek terkemuka seperti Acer, ASUS, dan HTC. Namun meskipun Zenfone umumnya telah diterima dengan baik di pasar, ASUS masih punya produksi dalam skala kecil. Yang lebih mengejutkan bahwa produksi smartphone HTC kebanyakan hanya berada di Taiwan dan sejumlah kecil di India. Tapi, HTC tampaknya sedang sibuk menyiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya, yang bocorannya disebut “Marlin” dan “Sailfish”. Oh ya, Nextbit Robin diproduksi di Taiwan loh.

6.Kanada

Betul, di sinilah tempat kelahiran BlackBerry yang terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam smartphone-nya. Meskipun saat ini keadaan BlackBerry tidak sejaya dulu, tapi mereka masih berjuang. Baru-baru ini Blacberry meluncurkan smartphone Android kedua setelah Priv, yakni DTEK50.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *