myspace tracker

Inilah 4 Aplikasi yang Dapat Menghabiskan Kuota Internet

4 Aplikasi yang Dapat Menghabiskan Kuota Internet – Berbicara mengenai smartphone tentunya tidak akan sempurna tanpa adanya koneksi internet karena beberapa aplikasi yang diinstal pada smartphone tidak akan berjalan tanpa adanya koneksi internet. Dengan demik
ian kita wajib untuk mengisi pulsa dan kemudian membeli paket yang ditawarkan oleh operator seluler guna mendapatkan kuota internet yang diinginkan agar aplikasi dapat digunakan.

4 Aplikasi yang Dapat Menghabiskan Kuota Internet

Tidak hanya kapasitas daya dari baterai yang sering habis, kuota internet pun sama akan habis jika digunakan terus menerus. Hal ini lah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna smartphone, terkadang kuota internet yang mereka punya tiba-tiba cepat habis dan sangat boros. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan banyaknya aplikasi seperti media sosial yang diinstal dan kemudian tanpa anda sadari aplikasi tersebut menyedot kuota internet yang dimiliki seperti adanya fitur auto play maupun auto update pada aplikasi tersebut.

Lalu aplikasi apasajakah yang banyak menggunakan kuota internet anda? Berikut adalaha ulasannya.

Facebook

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang sangat favorit dan banyak digunakan oleh semua kalangan, baik kalangan muda sampai kalangan tua pasti mempunyai akun facebook. Karena kepopuleran Facebook mereka rela berjam-jam untuk memainkan aplikasi ini tanpa disadari bahwa kuota internet yang mereka miliki sedikit demi sedikit terkuras habis.

Jika anda merupakan salah satu orang yang sering melakukan aktifitas di facebook ada, sedikit tips untuk menghemat kuota internet yang anda miliki agar tidak cepat terkuras habis.

Baca juga : 4 Aplikasi yang Dapat Menghabiskan Kuota Internet

Pertama, Non-aktifkan fitur memutar video otomatis dengan cara masuk ke menu pengaturan kemudian pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau jika anda ingin memutar video secara otomatis ketika tersambung ke wifi maka pilih opsi “putar otomatis di koneksi WiFi saja”.

Kedua, Non-aktifkan fitur mengupload foto maupun video dengan kualitas HD.

Ketiga, Jangan menggunakan Aplikasi Facebook yang diinstal pada smartphone anda, tapi gunakan lah browser anda untuk mengkases Facebok. Hal ini cukup efektif selain menghemat kouta internet anda, hal ini juga dapat menghemat baterai smartphone anda.

Twitter

Selain Facebook, Twitter juga merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan. Sama seperti halnya Facebook Twitter juga memiliki fitur untuk memutar video secara otomatis. Dengan adanya fitur tersebut kuota internet anda akan terkuras cepat tanpa anda sadari.

Untuk menghemat kuota internet, Non-aktifkan fiutr auto play video dengan cara masuk ke menu pengaturan kemudian pilih menu general dan matikan fitur autoplay.

Instagram

Media sosial ini sering digunakan kebanyakan orang untuk mengunggah dan berbagai momen berupa video maupun foto yang dimiliki agar mendapatkan banyak suka maupun komentar pada video maupun foto yang mereka unggah. Namun dibalik keasyikan dalam menggunakan instagram tersebut dapat menghabiskan kuota internet yang anda miliki dengan sangat cepat.

Jika anda ingin menggunakan instagram dengan kuota internet hemat, dapat melakukan pengaturan gunakan lebih sedikit data. Dengan demikian anda dapat mengheat kuota yang dimiliki karena pemutaran video secara otomatis akan dilakukan apabila terhubung dengan jaringan wifi.

YouTube

Pasti semua orang setuju kalau aplikasi berikut ini sering menjadi penyebab habisnya kuota internet secara tiba-tiba. Bagaimana tidak? Video-video pada YouTube membutuhkan data yang cukup besar untuk dapat diakses. Untung saja YouTube tidak memiliki fitur auto play seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Jadi penggunaan data sepenuhnya berada di tangan kita. Masalahnya, banyak dari kita sering lupa waktu jika sudah asyik nonton video di YouTube. Sekedar tips, tontonlah video YouTube dengan resolusi yang paling rendah agar kuota data menjadi lebih hemat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan video secara offline untuk menonton berulang-ulang.

Google Play Store

Secara sepintas Aplikasi Google Play Store tidak akan banyak menguras kuota internet kecuali anda mendownload aplikasi yang berukuran besar. Namun salah satu fitur yang ada di Google Play Store yaitu fitur Auto Update dapat menyebabkan kuota internet anda cepat habis tanpa disadari. Untuk menghemat kuota internet anda matikan fitur Auto Update yang tersedia di menu Setelan > kemudian pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis atau Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-fi. Jika anda menginginkan aplikasi yang diinstal diperbarui, maka gunakanlah update secara manual.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *