myspace tracker

Gorilla Glass dan Produk Terbarunya

Gorilla Glass dan Produk Terbarunya – Di era digital ini banyak sekali Smartphone atau ponsel pintar yang diproduksi dengan teknologi layar sentuh atau touchscreen serta hadir dengan layar yang cukup besar. Karena itu kita tentunya sebagai pemilik dari Ponsel Pintar harus berhati-hati terhadap goresan dari berbagai benda terhadap layar dari Smartphone tersebut. Banyak sekali Smartphone di era ini menggunakan proteksi layar yang biasa kita sebut Gorilla Glass.

Gorilla Glass dan Produk Terbarunya
Gorilla Glass dan Produk Terbarunya

Jika kita mempunyai Smartphone yang jika kita sentuh pada bagian layar maka terasa halus dan jernih, maka bisa jadi Smartphone yang anda miliki tersebut menggunakan Proteksi layar Gorilla Glass. Dengan adanya teknologi Gorilla Glass kita sebagai pemilik dari Smartphone maupun Gadget lainnya merasa aman jika Smartphone maupun Gadget yang kita miliki terlindungi oleh lapisan kasa dari Gorilla Glass.

Lalu apakah Gorilla Glass tersebut ? Apa yang membuatnya kuat dan tahan terhadap goresan dari benda-benda yang tajam ?, Dimanakah Asal usul dari Gorilla Glass dibuat ? Untuk membahas hal tersebut mari kita simak ulasan dari Gorilla Glass dibawah ini.

Apa itu Gorilla Glass ?

Gorilla Glass yaitu produk kaca yang tahan terhadap goresan serta tahan lama yang dibuat oleh Perusahaan pembuat kaca berasal dari Amerika Serikat yang bernama Corning. Terbuat dari kaca yang ringan, kuat dan kompatibel dengan teknologi layar sentuh. Kaca ini dibuat serta direkayasa sedemikian rupa dan dibuat dari lapisa kaca yang sangat tipis, ringan dan dibuat untuk tahan terhadap tekanan dan kerusakan sehingga kaca ini tahan terhadap goresan dari benda-benda yang terbuat dari logam.

Baca juga : Wow! Nokia 6 Tahan Banting?

Dari Apa Gorilla Glass Dibuat ?

Kaca ini dibuat dari Ion exchange yaitu unsur kimia yang memperkuat proses dimana ion besar yang kemudian diisi ke permukaan kaca, sehingga menciptakan keadaan kompresi. Gorilla Glass dirancang khusus untuk memaksimalkan hal ini. Kaca kemudian ditempatkan dalam air panas garam kalium cair pada suhu sekitar 400° C.

Kemudian ion natrium meninggalkan kaca, dan ion kalium yang lebih besar dari rendaman garam ini digantikan sehingga ion-ion yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang dan ditekan bersama-sama ketika gelas dingin sehingga menghasilkan lapisan kompresi pada permukaan kaca. Gorilla Glass mempunyai komposisi khusus yang memungkinkan ion kalium untuk menyebar jauh ke permukaan, menciptakan tegangan yang tinggi kemudian ditekan ke dalam gelas. Lapisan ini kompresi menciptakan permukaan yang lebih tahan terhadap kerusakan dari penggunaan sehari-hari.

Jadi, singkatnya… memperluas kaca, memaksa ion-ion yang lebih besar sehingga kekuatan kecil ion keluar kemudian mendingin sehingga kaca yang dihasilkan menjadi tangguh.

Produk terbaru dari Corning yaitu Gorilla Glass 5

Salah satu produk terbaru dari Corning adalah Gorilla glass 5 dan roduk ini di luncurkan pada acara khusus di Palo alto. Perusahaan yang memproduksi Gorilla Glass yaitu Corning mengumumkan bahwa mereka telah membuat versi terbaru dari Gorilla Glass yaitu Gorilla Glass 5 yang merupakan versi terbaru dari pendahulunya yaitu Gorilla Glass 4.

Gorilla Glass 5 diciptakan untuk menahan dari tekanan pada saat ponsel diletakan di dalam saku. Kita sadari bersama bahwa belakangan ini Smartphone sering di simpan di saku celana bagian depan maupun belakang sehingga layar dari ponsel tersebut rentan pecah karena tekanan yang begitu kuat terutama ketika ponsel disimpan di saku celana belakang.

Dengan hal yang demikian Gorilla Glass 5 meminimalisir hal tersebut sehingga layar dari ponsel tetap utuh walaupun terjadi tekanan pada saat ponsel diletakan di saku celana. Hal yang melatarbelakangi dari di buatnya Gorilla Glass 5 yaitu para peneliti menyadari bahwa banyak orang atau pengguna Smartphone sering mengangkat telepon mereka jauh lebih tinggi ketika menggunnya entah itu untuk mengambil foto, selfie maupun hal lainya, hal tersebut rawan terjadinya Smartphone yang digunakan jatuh.

Dengan adanya hal tersebut para peneliti mengembangkan produk Gorilla Glass yang dirancang untuk menahan tekanan benturan dari ketinggian 1,6 Meter (kurang lebih lima kaki).

Mereka meneliti Smartphone yang menggunakan produk Gorilla Glass 5 dan menjatuhkan Smartphone tersebut sekitar 20 kali, dan menjatuhkanya di permukaan yang keras. Hasilnya layar Smartphone yang dilapisi dengan Gorilla Glass5  tidak pecah. Mereka juga mencoba melakukan beberapa goresan terhadap Smartphone yang menggunakan Gorilla Glass 5 dan hasilnya tidak ada efek apapun di layar dari Smartphone tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *