myspace tracker

Dimasa mendatang ponsel tidak lagi menggunakan baterai

Dimasa mendatang ponsel tidak lagi menggunakan baterai – Perkembangan smartphone makin kesini makin canggih hal tersebut berbanding lurus dengan perkembangan teknologi. Untuk  menciptakan smartphone yang sempurna para ilmuan terus melakukan riset tak terkecuali ilmuan yang berasal dari University of Washington, Amerika Serikat. Ilmuan ini melakukan penelitian untuk menciptakan ponsel namun tanpa baterai. Meskipun keberadaannya masih prototipe, tetapi hal ini merupakan angin segar bagi perkembangan ponsel secara global.

Dimasa mendatang ponsel tidak lagi menggunakan baterai
Ponsel tanpa baterai

Dilansir dari Slashgear, ponsel yang masih berupa papan sirkuit dan tombol nomor ini disebut-sebut hanya memiliki konsumsi daya sebesar 3,5 microwatt. Meskipun, tanpa menggunakan batera =I sebagai supai dayanya, namun rupanya ponsel ini tetap memiliki suplai daya dari sel surya yang ukurannya tak lebih besar dari sebutir beras. Sel surya tersebut mengumpulkan cahaya dan mengubahnya menjadi daya listrik yang digunakan sebagai suplai daya dari perangkat ini.

Baca juga : KEREN! INILAH SMARTPHONE BERTEKNOLOGI HOLOGRAM PERTAMA

Selain itu, ponsel ini mendapatkan sinyal dari BTS yang dibuat khusus yang jaraknya sekitar 15 meter. Untuk mensiasati tingginya konsumsi daya dari konversi audio analog menjadi digital, ponsel ini menggunakan mikrofon dan speaker yang memiliki getaran kecil untuk dapat mengubah sinyal masuk dan keluar.

Para peneliti yang memberikan penjelasan tersebut, Vamsi Tall Mengatakan bahwa teknologi base station yang tengah mereka kembangkan dan meskipun masih berbentuk prototipe awal nampaknya hal ini merupakan penemuan yang luar biasa dan akan membawa perubahan di dunia ponsel karena tidak menggunakan suplai daya dari baterai di masa mendatang. “Anda bisa membayangkan di masa depan bahwa semua menara sel atau router Wi-Fi bisa hadir dengan teknologi base station kami yang tertanam di dalamnya. Dan jika setiap rumah memiliki router Wi-Fi di dalamnya, Anda bisa mendapatkan cakupan ponsel tanpa baterai di mana-mana,” ungkap Vamsi Tall salah seorang peneliti.

Para peneliti akan terus melakukan penelitian dan akan terus dikembangkan guna menghasilkan ponsel tanpa daya baterai yang sempurna. Selain itu juga BTS khusus yang digunakan untuk ponsel tak berbaterai diharapkan dapat diterapkan dan dipasang pada BTS operator seluler atau pada router WiFi sehingga membuat jangkauan jaringannya akan semakin luas.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *