myspace tracker

Wow! Inilah Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan – Smartphone memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari terangnya di siang hari sampai gelapnya malam kita pasti ingat dan mencari keberadaan smartphone. Bahkan setiap detik, setiap menit dan setiap jam kita selalu memerphatikan benda tersebut, entah itu karena ada panggilan yang masuk sampai mengecek apakah ada notifikasi masuk ke ponsel maupun smartphone. Setiap kali akan tidur pasti memainkan smartphone sampai tidur dengan smartphone di samping kita dan pada saat kita bangun tidur pun benda yang pertama kali di enggam adalah smartphone.

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan

Benda yang satu ini memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi barang yang wajib ada di samping kita. Dibalik kehebatan fitur dan teknologi yang terdapat dalam smartphone, tahukah anda bahwa benda tersebut dapat berdampak negatif terhadap kita.

Apa saja sih dampak yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel maupun smartphone jika digunakan secara berlebihan? Dibawah ini adalah ulasan mengenai dampak yang ditimbulkan dari ponsel maupun smartphone yang kita gunakan.

Susah tidur

Mungkin susah tidur karena menggunakan smartphone seringkali terjadi pada anda. Hal ini dikarenakan pengguna smartphone terlalu asyik hingga lupa waktu bahwa sudah larut malam dan sudah memasuki waktu tidur. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kita mengontrol penggunaan smartphone agar tidak mengganggu waktu tidur di malam hari.

Baca juga : Dampak Smartphone Terhadap Kehidupan Sosial

Cedera tulang serius

Pernahkah anda menggunakan smartphone hingga harus membungkuk lama karena tidak ingin melewatkan momen yang kita lihat di smartphone. Mulai dari sekarang kurangi hal tersebut karena dapat mengakibatkan nyeri pada leher serius yang dinamakan dengan Spondilitis. Spondilitis merupakan gejala penyakit peradangan pada ruas tulang belakang, umumnya disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Mulai dari sekarang gunakanlah smartphone dengan posisi normal dan jangan berlebihan.

Mengakibatkan stress

Beberapa  penelitian menunjukan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengakibatkan pengguna mudah stress. Hal ini bisa disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh benda tersebut dan masuk ke dalam jarngan otak, sehingga mengakibatkan penyakit neurodegerative alias kerusakaan otak. Ditambah lagi penggunaan smartphone untuk hal-hal yang negatif seperti mengakses konten pornografi maupun gambar yang tidak pantas kita lihat semakin menambah kerusakan saraf dan otak kita.

Phantom Pocket Vibration Syndrome

Pada saat membawa smartphone pasti kita menyimpannya di saku baju maupun saku celana yang kita gunakan, dengan alasan agar mudah untuk mengambilnya jika ada telpon maupun notifikasi masuk ke smartphone yang digunakan. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan tersebut jika dilakukan terlalu lama akan mengakibatkan dampak buruk terhadap kita. Menurut beberapa ahli kesehatan, hal negatif yang diakibatkan oleh smartphone adalah Phantom Pocket Vibration Syndrome disebabkan karena getaran dari ponsel mapun smartphone itu sendiri. Jika seseorang telah mengalami sindrom ini akan merasakan getaran dari ponsel maupun smartphone walaupun smartphone tersebut tidak dalam keadaan bergetar.

Menjadi Sarang Penyakit

Tahukah Anda jika ponsel juga bisa berubah menjadi sarang penyakit? Karena fungsinya yang semakin penting banyak orang yang menggunakan ponsel di segala kegiatannya seperti saat makan, minum, mandi dan lain sebagainya. Bahkan banyak pula yang meletakannya di tempat-tempat kotor seperti toilet. Dampaknya, banyak kuman dan bakteri yang menempel pada ponsel Anda. So, apakah Anda termasuk dalam golongan tersebut? Jika ya, segera ubah kebiasaan buruk Anda sebelum penyakit itu menyerang. Biasakan juga membersihkan ponsel sebelum digunakan.

Mengakibatkan kemandulan

Sebenarnya hal ini masih menjadi bahan perdebatan di dunia kesehatan. Tetapi banyak yang sependapat bahwa menaruh ponsel di saku celana dapat membuat Anda tidak subur. Ya, radiasi ponsel dapat menurunkan jumlah sperma. Cara mengatasinya, jangan terlalu sering mengantongi ponsel di saku celana Anda atau gunakan casing untuk melindungi dari radiasinya.

Demikianlah beberapa dampak negatif dari penggunaan smartphone yang jarang kita ketahui, alangkah baiknya kita menggunakan smartphone secara bijak dan tidak berlebihan.

Lalu bagaimana pendapatmu mengenai hal diatas?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *