myspace tracker

Ciri-ciri Smartphone anda Telah Disadap

Ciri-ciri Smartphone anda Telah Disadap – Penyadapan jika dilakukan oleh yang berwenang tidak menjadi masalah selama itu untuk hal yang baik, namun sebaliknya jika penyadapan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab bisa jadi penyadapan adalah hal yang ilegal dan bertentangan dengan hukum.

Ciri-ciri Smartphone anda Telah Disadap

Mendengar kata penyadapan sepertinya bukan menjadi hal yang baru, berbagai kasus misterius pernah terjadi dan salah satu cara untuk membongkar kasus misterius tersebut adalah dengan menyadap percakapan yang dilakukan oleh para tersangka guna membongkar kasus yang terjadi.

Lalu bagaimanakah kita mengetahui bahwa smartphone kita telah disadap oleh seseorang atau dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Tidak banyak orang mengetahui bagaimana penyadapan bisa dilakukan dan tidak semua orang mengetahui bahwa ponselnya telah disadap.

Berikut adalah tanda-tanda yang bisa anda ketahui bahwa ponsel maupun smartphone yang digunakan telah disadap oleh seseorang :

1. Baterai cepat habis

Memiliki ponsel dengan daya baterai cepat habis bisa jadi hal biasa jika kapasitas baterai tersebut memang kecil dan anda dapat memakluminya. Selain itu juga daya baterai bisa disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang banyak dan berjalan di ponsel anda sehingga daya baterai akan terkuras cepat.

Tapi jika anda memiliki ponsel dengan konsumsi baterai yang tidak wajar, cepat habis dan tidak seperti biasanya bisa jadi anda telah disadap oleh seseorang. Seperti yang dikutip pada website makeuseof.com bahwa hal yang pertama yang bisa menjadi tanda bahwa anda telah disadap adalah baterai anda cepat habis secara tidak wajar.

Daya baterai dari ponsel anda bisa jadi cepat habis karena adanya malware yang menyusup pada ponsel anda sehingga daya baterai cepat habis dan tidak wajar seperti biasanya.

Untuk mengetahuinya anda bisa mengecek apakah ada aplikasi yang mencurigakan pada ponsel anda yang sedang berjalan, jika ada aplikasi yang mencurigakan sebaiknya memberhentikan dan mengahpus aplikasi tersebut dari smartphone yang digunakan.

2. Penggunaan data internet yang tidak wajar

Sebagian aplikasi yang berada pada smartphone anda akan berjalan jika ada sambungan data ke internet, baik itu menggunakan Wi-fi maupun jaringan seluler.

Namun sebaiknya anda cek secara berkala apakah konsumsi data dalam periode tertentu berjalan normal dan tidak boros atau malah sebaliknya data internet berjalan serta habis secara tidak wajar. Jika hal demikian terjadi maka ada hal yang mencurigakan pada smartphone dan bisa jadi ada aplikasi jahat yang menumpang ke koneksi data internet anda.

3. kinerja dari ponsel lambat

Mungkin sebagian dari anda merasa ponsel yang digunakan berjalan lambat dan tidak seperti biasanya. Ada berbagai cara yang bisa di lakukan untuk mempercepat ponsel maupun smartphone seperti menghapus data yang sudah usang dan jarang digunakan serta membersihkan cache juga bisa mempercepat performa ponsel anda.

Tapi terkadang dengan hal-hal tersebut tidak berdampak apapun pada smartphone yang digunakan. Bisa jadi dengan performa smartphone yang melambat disebabkan adanya malware yang bersarang di smartphone tanpa anda sadari.

4. Mendapatkan pesan aneh

Pesan mengganggu atau spam juga dapat menjadi salah satu indikator untuk mengetahui sebuah perangkat telah berhasil disusupi pihak asing. Karenanya, sebisa mungkin untuk tak mengabaikan begitu saja pesan yang tiba-tiba muncul dan berisi karakter, angka, atau simbol acak.

Penyerangan melalui pesan singkat semacam ini biasanya dilakukan oleh pelaku kejahatan siber. Bahkan, apabila berhasil menyusup ke perangkat korban, pihak penyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh korban.

Pesan yang terkirim itu terkadang menjadi celah untuk menyerang korban lain yang diambil berdasarkan kontak korban pertama. Untuk itu perhatikan pesan yang terkirim dari perangkatmu, dan perhatikan apakah ada pesan yang dikirim tanpa persetujuan pengguna.

5. Aplikasi yang secara tiba-tiba terinstal

Sebagian besar pemilik smartphone menyadari apa yang terjadi pada smartphone yang mereka gunakan, baik itu ada notifikasi yang masuk maupun berbagai hal lainnya. Namun dibalik itu semua smartphone yang dirasa tidak ada apa-apa bisa saja terjadi hal yang tidak terduga, seperti secara otomatis suatu aplikasi tepasang pada smartphone yang digunakan padahal tidak pernal menginstal aplikasi tersebut.

Untuk mecegah hal yang demikian terjadi sebaiknya anda tidak mengklik suatu link secara sembarangan dari pesan maupun sebuah notifikasi yang masuk ke smartphone anda. Cek juga secara berkala apakah ada sebuah program maupun aplikasi yang secara mencurigakan tepasang di smartphone.

Selalu gunakan toko aplikasi resmi untuk menginstal aplikasi yang anda inginkan seperti Google Play pada sistem operasi android. Dengan hal tersebut dapat meminimalisir adanya aplikasi jahat dan kurang aman terinstal pada smartphone yang digunakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *