myspace tracker

China Akhirnya Blokir WhatsApp

China Akhirnya Blokir WhatsApp – Hal yang mengejutkan datang dari negara tiongkok, itu karena di negara ini salah satu aplikasi pesan instan WhatsApp yang merupakan aplikasi perpesanan instan terbesar didunia diblokir di negara tersebut.

Harus kita ketahui bahwa salah satu aplikasi chatting WhatsApp yang berada dibawah naungan Facebook ini menjadi salah satu flatform aplikasi chatting terbesar di dunia.

China Akhirnya Blokir WhatsApp

Bos facebook yakni Mark Zuckerberg sebagai orang yang membawahi WhatsApp memang sudah melakukan berbagai upaya agar pemblokiran terhadap WhatsApp tidak terjadi, namun hal yang dilakukan tersebut sepertinya sia-sia dan tetap diblokir oleh pemerintah china.

Semenjak pertengahan tahun 2017, pemerintahan China memang diketahui telah berusaha untuk memblokir aplikasi pesan instan ini. Di mana kala itu, para pengguna WhatsApp di negara tersebut tiba-tiba mendadak kesulitan dalam mengirim foto dan video melalui layanan tersebut namun pesan berupa teks kala itu masih bisa terkirim.

Baca juga : KEREN! ANJING PELACAK DAPAT DETEKSI FLASHDISK TERSEMBUNYI

Hal yang berbeda terjadi pada awal pekan ini di mana keseluruhan layanan WhatsApp di China dikabarkan sudah tidak dapat berfungsi. Bahkan layanan pesan teks pun juga sudah tidak dapat terkirim. Menurut Nadim Kobeissi, cryptographer di firma riset Symbolic Software mengatakan jika pemblokiran yang dilakukan pemerintah China ini merupakan cara pemblokiran dengan mengganggu fungsi layanan. “Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu,” ujar Kobeissi, yang di lansir dari KompasTekno.

Pemblokiran ini sendiri terjadi menjelang persiapan Beijing menyambut kongres Partai Komunis yang bakal digelar pada 18 Oktober mendatang. Tentu saja dengan pemblokiran ini warga China dan semua orang yang memasuki negara tersebut harus menggunakan layanan alternatif lain seperti WeChat yang notabene merupakan produk asli China dengan pengguna aktif yang mencapai 963 juta.

Pada sebelumnya, orudk lain dari facebook ini memang telah mengalami pemblokiran di negara tirai bambu tersebut. Bahkan raksasas media sosial pun tak luput dari pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah china.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *