myspace tracker

Mulai sekarang Hati–Hati Charger ponsel di tempat umum

Charger ponsel di tempat umum – Bagi anda yang sering melakukan jalan-jalan atau menempuh perjalanan dalam jarak jauh sering menemukan tempat charging ponsel yang disediakan oleh rest area atau tempat istirahat lainnya. Dengan adanya tempat pengisian daya tersebut, kita sedikit terbantu karena bisa mengisi daya baterai ketika sedang dibutuhkan karena akan menelpon maupun meenghubungi seseorang.

Charger ponsel di tempat umum

Kebutuhan mencarger atau mengisi daya baterai ponsel memang tidak bisa dihindarkan bahkan menjadi sebuah keharusan apabila kita mempunyai ponsel, karena ponsel tidak dapat digunakan apabila tidak ada daya tersimpan di dalamnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kebutuhan me-charger ponsel memang sudah menjadi kebutuhan pokok, kebutuhan pokok tersebut di era ini tidak hanya makan dan minum saja tetapi juga melakukan pengisian daya ponsel.

Sama halnya ketika kita mulai lemah dan tidak bertenaga maka hal yang perlu dilakukan adalah makan guna untuk menambah energi yang kita punya, pun demikian dengan smartphone ketika daya dari smartphone mulai lemah maka hal yang peru dilakukan adalah mencari sumber listrik kemudian kita melakukan pengisian daya samrtphone tersebut untuk menambah daya agar smartphone bisa digunakan. Lalu tahukah anda apabila kita melakukan pengisian daya ditempat umum dapat membahayakan kemanan ponsel yang kita miliki tanpa kita sadari?

Dilansir dari laman CNN Money, seorang peretas dapat meretas sebuah smartphone dengan memanfaatkan media pengisian daya yang ada ditempat umum. Nah, cukup mengagetkan juga ya. Dikatakan oleh seorang ahli keamanan daro Authentic8 “Hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ‘dikerjai’, perangkat kamu jadi terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas,”. Authentic8 merupakan perusahaan pembuat peramban keamanan Silo yang merupakan peramban keamanan yang dapat merahasiakan seluruh aktivitas penggunanya selama berselancar di internet.

Baca juga : Inilah Negara Pembuat Ponsel Terbesar di Dunia

Tempat pengisian daya maupun wifi gratis lazim kita temukan dan banyak tersedia di tempat-tempat umum seperti rest area, bandara, stasiun, di swalayan tempat belanja dan masih banyak lagi. Bahkan seseorang dapat melakukan hal yang ilegal dan tidak bertanggung jawab mengakses maupun mengambil data dari smartphone yang kita miliki dengan memanfaatkan wifi maupun saat pengisian daya. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui kabel data yang biasa kita gunakan pada saat pengisian daya smartphone.

Jika seseorang telah meretas sebuah port maka sejumlah data maupun informasi dapat diambil oleh peretas tidak terbatas, mulai dari SMS, Email, Foto hingga kontak. Dengan adanya hal tersebut tentu sangat membahayakan kemanan maupun privasi dari pengguna smartphone tersebut.

Teknik peretasan tersebut dinamakan juice jacking. Sebiah istilah yang diciptakan para peneliti pada tahun 2011 yang lalu. Tahun lalu para peneliti dari Authentic8 menunjukan sebuah proses video jacking menggunakan port yang telah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik oleh sebuah ponsel.

Dengan informasi diatas diharapkan kita dapat berhati-hati pada saat melakukan pengisian daya maupun menggunakan wifi di tempat umum guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Terlebih para penjahat yang tidak bertanggung jawab di era ini sudah sangat canggih mereka dapat melakukan kejahatan tidak hanya berbentuk secara nyata saja bahkan mereka sudah sangat canggih memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada dan beraksi secara online. Jangan tertarik dengan iming-iming fasilitas internet gratis yang disediakan di tempat umum kecuali kita dijamin kemanan dalam menggunakan fasilitas publik tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *