myspace tracker

Apa itu Teknologi Informasi?

Apa itu Teknologi Informasi – Teknologi informasi begitu pesat berkembang dan dampaknya telah kita rasakan. Berbagai kemudahan telah kita terima, seperti kemudahan untuk memperoleh informasi melalui telepon seluler dan internet.

Kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau debit, dan kemudahan untuk mengambil uang melalui ATM adalah berkat kemajuan teknologi informasi.

Apa itu Teknologi Informasi
Apa itu Teknologi Informasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Teknologi Informasi. Apakah teknologi informasi ini identik dengan yang dinamakan komputer dan apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian dari teknologi informasi. Untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian dari teknologi infomasi itu sendiri.

Teknologi informasi (information technology) bisa juga disebut dengan IT,TI, atau infotech. Berbagai definisi muncul dari beberapa ahli mengenai pengertian dari teknologi informasi, berikut ini ada beberapa pengertian dari teknologi informasi diantaranya yaitu :

  • Menurut Martin, teknologi informasi yaitu tidak terbatas pada teknologi komputer berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi itu sendiri.
  • Menurut haag dan keen, teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Menurut williams dan sawyer, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Dari definisi diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Baca juga : INILAH JENIS-JENIS RAM YANG JARANG KAMU KETAHUI

Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut :

  1. Teknologi komputer, adalah teknologi yang berhubungan dengan dengan komputer, termasuk perlatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari bahkan CD-ROM.
    Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuat program. Sementara data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengembalian keputusan.
  2. Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon, radio dan televisi.
    Perlu diperhatikan bahwa komputer tidak harus berupa seperti yang sering kita jumpai di kantor atau di rumah (PC), tetapi bisa berupa peralatan-peralatan yang lain seperti mesin pembuat kopi, oven mikrowave, remote untuk TV, ponsel, televisi dan lainnya. Peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk chip yang disebut mikroprosesor.

Mengingat keadaan seperti itu banyak yang berpendapat bahwa istilah komputer kurang tepat. Komputer tidak sekedar untuk melakukan komputasi seperti yang tersirat dalam namanya. Sebagaimana dikatakan oleh jhon von neumann, pelepor teknologi komputer bahwa yang disebut dengan komputer seharusnya tidak dinamakan seperti itu tetapi lebih tepat kalau di panggil seerbaguna.

Dari teori di atas tersirat bahwa teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa piranti seperti ponsel maupun peralatan elektronika lainnya yang berhubungan dengan dengan penyajian informasi misalnya televisi. Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *