myspace tracker

Inilah 7 Cara Mudah Agar Kuota Internet Hemat

7 Cara Mudah Agar Kuota Internet Hemat –┬áPada saat populernya ponsel untuk memudahkan komunikasi antar manusia kita hanya membutuhkan pulsa untuk menikmati fitur pesan singkat maupun untuk menelpon antar pengguna ponsel. Cukup dengan 10 sampai 20 ribu rupiah saja kita dapat menikmati fitur untuk mengirimkan pesan singkat atau SMS ke sesama pengguna ponsel lainnya dan tersedianya gratis SMS yang muncul setelah kita mengirim 2 atau 3 SMS menambah hemat pulsa yang kita punya.

7 Cara Mudah Agar Kuota Internet Hemat
7 Cara Mudah Agar Kuota Internet Hemat

Namun seiring berkembangnya dunia teknolog yang sangat pesat munculah ponsel pintar atau smartphone yang hadir dengan beberapa teknologi serta fitur yang ditawarkan agar komunikasi antar manusia lebih modern dan menarik untuk digunakan. Smartphone android yang membawa berbagai aplikasi chatting maupun media sosial yang jika ingin menggunakan aplikasi tersebut kita membutuhkan data seluler untuk terkoneksi ke internet.

Untuk menikmati berbagai fitur serta aplikasi yang ada di smartphone salah satunya kita harus mempunyai paket kuota data dan hal tersebut berfek pada pengeluaran pulsa yang cukup besar untuk membeli kuota data internet tersebut. Berbagai operator seluler menawarkan paket data dengan berbagai harga mulai dari 50 sampai 100 ribu rupiah unuk berlangganan paket data selama satu bulan, tentunya hal ini sangat memboroskan pengeluaran pulsa bulanan anda.

Kebiasaan serta kenyamanan menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone berfek pada kuota internet yang kita beli. Kuota tersebut bisa kita manfaatkan untuk berkomunikasi menggunakan palikasi chatting, video call, browsing maupun untuk eksis di berbagai media sosial. Dengan adanya hal tersebut tentunya harus pintar dalam menghemat paket kuota internet yang kita punya agar tidak cepat habis.

Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini adalah beberapa langkah untuk menghemat kuota internet yang anda miliki.

1. Matikan Fitur Auto-update dan Auto-download

Beberapa smartphone biasanya memiliki fitur auto update pada sistem maupun aplikasi yang di instal pada perngkat tersebut. Untuk menghemat kuota internet anda matikanlah fitur auto update atau gunakanlah auto update wifi only jika perlu.

Jika anda menggunakan ponsel android aturlah Google Play Store untuk tidak memperbaharui Aplikasi secara otomatis dan pada Aplikasi Chatting seperti WhatsApp matikan fitur Auto-download yang berfungsi untuk mengunduh secara otomatis gambar, suara, maupun video pada pesan yang dikirim oleh teman anda. Namun video yang dikrim pada WhatsApp tidak banyak menghabiskan kuota internet anda. Tetapi jika anda memiliki banyak teman dan grup yang aktif mengirim berbagai jenis pesan maka sebaiknya anda matikan fitur auto download ini.

2. Manfaatkan fasilitas Wifi yang ada di sekitar anda

Jika anda berada di area hotspot atau area yang tercakup sinyal wifi maka gunakanlah fasilitas tersebut dan matikan koneksi data seuler pada smartphone.
Hal ini bisa menghemat kuota internet yang anda miliki. Dengan adanya fasilitas wifi tersebut anda bisa mendownload file maupun aplikasi tanpa harus takut kuota anda berkurang.

Selsin itu juga jika anda pernah terhubung ke suatu wifi di pusat perbelanjaan maupun sebuah tempat makan, biasanya jarang sekali password wifi tersebut diganti sehingga anda dapat terhubung kembali jika suatu saat kembali berkunjung ke tempat tersebut.

3. Gunakan Aplikasi yang memantau kuota anda

Jika anda menggunakan smartphone Android manfaatkanlah fitur untuk memantau kuota yang anda miliki dan hal ini bisa dilakukan di menu data usage di pilihan pengaturan smartphone. Dengan fitur ini anda bisa memantau berapa kuota yang telah anda gunakan dan membatasi pemakaian kuota bulanan anda. Selain itu juga banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengatur pengeluaran kuota yang tersedia di Google Play Store.

4. Hapus aplikasi yang memiliki fungsi sama

Sebagai contoh aplikasi yang memiliki fungsi sama yaitu media sosial seperti twitter maupun facebook. Aplikasi ini biasanya tersedia di Playstore untuk di instal pada smartphone yang anda miliki, namun untuk mengehamt kuota, anda bisa membuka twitter maupun facebook dengan menggunakan browser yang ada dan hal ini efektif untuk menghemat kuota yang dimiliki.

Selain itu juga hapus beberapa aplikasi yang tidak penting dan aplikasi yang jarang digunakan namun perlu koneksi internet untuk menggunkannya. hal ini selain dapat menghemat kuota internet yang anda miliki juga dapat menghemat ruang penyimpanan smartphone anda

5. Gunakan browser khusus hemat data

Beberapa browser memiliki fungsi untuk mengompres halaman website yang kita buka dan browser tersebut cukup efektif untuk menghemat kuota internet yang kita miliki. Beberapa aplikasi browser yang memiliki fitur tersebut diantaranya Google Chrome, Opera Mini, Onavo Extend (milik Facebook), Opera Max dan Opera Browser. Aplikasi web browser tersebut bisa anda coba untuk menghemat kuota internet yang ada.

6. Menonton Youtube secara Offline

Bagi anda yang suka menonton video secra online atau streaming di youtube bisa mencoba trik satu ini untuk menghemat kuota internet yang anda miliki. Mode offline di youtube bisa anda gunakan untuk menonton di youtube dan seolah video tersebut tersimpan di ponsel anda. Jika setiap kali anda akan menonton video di Youtube biasanya menemukan yang namanya loading atau buffer, jika menyimpannya secara offline hal tersebut kita tidak akan temukan dan dapat menonton video tersebut meskipun tidak memiliki koneksi internet.

7. Gunakan kuota malam

Biasanya operator sleuler menyediakan paket kuota internet murah pada tengah malam, hal tersebut bisa anda manfaatkan dengan membeli paket tersebut, namun dengan konsekuensi anda harus tidur pada larut malam. Dengan kata lain anda diharuskan begadang untuk menikmati kuota internet tersebut. Apabila anda mempunyai file yang cukup besar untuk di download maka gunakan cara ini dan jangan mendownload file tersebut pada siang hari.

Demikianlah 7 cara agar kuota internet kamu hemat dan pemakaian kuota internet tergantung pada anda jika dirasa mampu untuk membeli kuota tanpa diberatkan dengan biaya yang berlipat tidak masalah, namun jika anda memiliki pulsa yang pas-pasan alangkah baiknya mengikuti langkah-langkah diatas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *