myspace tracker

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas – Smartphone alias ponsel pintar di saat ini menjadi kebutuhan dan membantu penggunanya dalam kehidupan sehari-hari. Hadir dengan sistem operasi yang terbaru dan mutakhir seperti android di tunjang dengan beragam fungsi dan aplikasi membuat penggunanya semakin mudah dalam  melakukan beragam hal.

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Tapi, sebagai pengguna smartphone kita terkadang lupa dengan kemanan dari smartphone itu sendiri. Yups, terkadang kita lupa dan mengabaikan kemanan dan terlena dengan kemudahan serta keseruan yang dihadirkan dalam sistem operasi android.

Mayoritas dari mereka baru akan menyadari pentingnya keamanan ketika sudah jadi korban hacking atau saat smartphone yang digunakan terjangkit virus.

Sebagai pengembang dari sistem operasi android yakni google, selalu berusaha untuk selalu memperbaharui kemanan dari sistem operasi yang dikeluarkannya.

Melalui konferensi video di kantor Google Indonesia, Direktur Teknik untuk keamanan Android di Google yakni Andrew Ludwig menyarankan beberapa tips untuk meningkatkan kemanan pengguna agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Andrew Ludwig juga menambahkan, Android sebagai salah satu platform mobile yang populer diseluruh dunia, belum diimbangi dengan kesadaran dari para penggunanya akan pentingnya keamanan. Andrew Ludwig juga memberikan 3 pilar utama yang digunakan google untuk keamanan Android yaitu Robust Platform (pembersihan aktivitas mencurigakan), Comprehensive Services (menggunakan Google Play Protect) dan Ecosystem Guidance (update berkala).

Berikut ini adalah 5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas dan juga Malware, simak ulasannya dibawah ini :

1. Selalu pakai Fitur Lockscreen

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Hal yang paling utama adalah dengan selalu mengaktifkan fitur lock screen. Namun nampaknya sebagian dari anda selalu mengabaikan fitur ini dan dirasa buang-bung waktu karena harus bolak balik membuka serta menguncinya kembali. Fitur lockscreen ini merupakan hal utama untuk menghalangi seseorang yang berniat jahat dan mengakses berbagai data yang ada di smartphone. So, jangan sepelkan fitur lockscreen ini ya!

Baca juga : 

2. Backup Data Secara Berkala

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Hscker di zaman ini semakin canggih, yups itu berarti kita sebagi target serangan harus selalu waspada karena para peretas bisa saja mencuri data secara tiba-tiba. Maka, laukanlah backup data ke media penyimpanan eksternal lainnya untuk jaga-jaga sewaktu-waktu data penting yang ada di smartphone kita dicuri oleh hacker.

3. Download Aplikasi di Situs Resmi (Play Store)

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Kamu sering merasa aplikasi yang ditawarkan di Play Store kurang? Memang kamu bebas mencari alternatif lain untuk mencari berbagai aplikasi, tapi jangan salah, mendownload aplikasi dari sembarang tempat nyatanya sangat tidak aman untuk perangkat Androidmu. Risiko terjangkit virus pastinya jauh meningkat.

4. Aktifkan Google Play Protect dan Find My Device

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Menjadi satu fitur atau layanan yang diciptakan Ludwig dan timnya untuk meningkatkan keamanan para pengguna Android. Kamu patut mengaktifkan Google Play Protect dan Find My Device. Keduanya akan melakukan pengawasan (scanning) secara terus-menerus terhadap aplikasi smartphonemu. Jadi, akan langsung terdeteksi jika ada masalah atau gejala virus mencurigakan.

Selain itu, layanan Google Play Protect juga selalu mengupdate sistem keamanan terbaru untuk Android kamu, bahkan di setiap harinya. Kamu tak perlu lagi takut sistem keamanan kamu usang karena Google Play Protect akan memastikan kamu selalu mendapat sistem keamanan terbaru.

5. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

5 Tips Agar Smarthone Aman dari Para Peretas

Terakhir, selalu lakukan verifikasi dua langkah untuk semua layanan Google yang kamu gunakan. Selain bisa memastikan bahwa kamu yang benar-benar melakukan login dan registrasi, verifikasi dua langkah tentu akan menyulitkan hacker untuk meretas akunmu.

Itulah beberapa tips aman menggunakan smartphone android agar tidak menjadi korban pencurian data oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *