myspace tracker

Wow! Inilah 5 Robot Humanoid Terbaik di Dunia

5 Robot Humanoid Terbaik di Dunia – Humanoid robot merupakan robot yang dibuat dengan replika logam serta plastik dan dibentuk seperti manusia pada umumnya. Kita bisa mengatakan bahwa robot-robot humanoid memiliki potensi besar untuk menjadi mesin robot tercanggih dengan kecerdasan intelijen yang diharapkan melampaui kecerdasan manusia 2030 dan sudah ditambah motor untuk kemampuan dalam hal kecepatan, kekuatan dan presisi, dan hal ini merupakan penemuan yang sangat mengagumkan.

5 Robot Humanoid Terbaik di Dunia
5 Robot Humanoid Terbaik di Dunia

Robot humanoid awalnya digunakan dalam penelitian dengan tujuan untuk memahami tubuh manusia secara rinci hingga pada akhirnya sumber solusi gerak dan kontrol yang sudah direkayasa robot-robot humanoid menjadi semakin dekat dan hadir dalam hidup kita. Lingkungan operasi mereka tidak lagi terbatas pada lingkungan terkendali yang ditemukan di laboratorium, robot-robot humanoid sekarang mampu mengatasi berbagai tantangan yang hadir di dunia nyata. Mereka sudah bekerja untuk tujuan hiburan, membantu orang tua, orang yang cacat atau melakukan pengawasan pada anak-anak kecil. Dalam artikel ini kita melihat robot-robot humanoid yang dijual  di pasar dan tercanggih baru-baru ini.

Inilah 5 robot humanoid tercanggih di dunia :

1. Asimo

Asimo robot humanoid paling canggih yang dapat dibeli tetapi juga yang paling mahal, tidak kurang dari US $2.500.000. Versi terbaru muncul di 2011 dan membawa perbaikan signifikan, menyeimbangkan kemampuan sistem serta perbaikan dari segi teknologi.

ASIMO dapat bergerak di tempat-tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan, stasiun atau museum. Robot ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan, dapat berjalan di setiap daerah, naik atau turun tangga hampir mirip seperti manusia. Memiliki tinggi 130 cm dan beratnya 48 Kg. memungkinkan untuk robot ini melakukan manuver yang menakjubkan dan juga dapat berjalan dengan kecepatan hingga 9 km/jam.

2. DARwIn Mini (ROBOTIS Mini)

ROBOTIS Mini atau DARwIn Mini adalah robot yang ringan dan merupakan robot humanoid yang lebih kecil, tinggi robot tersebut yaitu 27cm (10.6 inci). Robot ini sepenuhnya open source dan bagiannya yang 3D sehingga platform pengembangannya ideal dan hemat biaya.

Otak yang diwakili oleh controller OpenCM9.04 yang juga kompatibel dengan Arduino IDE. Ada juga yang menarik dari robot ini yaitu pilihan perangkat lunak yang tersedia, R+ mobile app memungkinkan Anda memprogram robot dari perangkat iOS atau Android , sementara tugas R+  dan gerak R+  membiarkan kita untuk memprogram gerakan atau tugas-tugas yang lebih kompleks yang kemudian dimasukan ke dalamnya. DARwIn Mini robot memiliki  harga sekitar US $499.

3. NAO evolusi

NAO evolusi adalah literasi kelima dari platform yang di dikembangkan oleh Perancis dari perusahaan Aldebaran Robotika dan dirilis pada tahun 2014. Robot ini memiliki tinggi 58cm dan memiliki 25 DOF, serta dikemas dengan berbagai sensor seperti sonar, taktil dan sensor tekanan, kamera dan peralatan lain, selain itu robot ini juga mampu melakukan gerakan yang sangat kompleks.

NAO juga merupakan platform terbuka bagi semua orang yang ingin melakukan perbaikan atau untuk tujuan belajar bagaimana sebuah robot canggih bekerja dalam hal teknologi. Dapat juga digunakan dalam pendidikan dan penelitian saat mempelajari materi atau platform untuk mengembangkan generasi baru dari robot-robot humanoid.

Robot ini dilengkapi dengan otak yang kuat yaitu CPU Intel Atom 1.6GHz menjalankan NAOqi OS dan kerangka pemrograman yang terkait, ada juga controller kedua yang menangani perangkat keras robot ini. Fungsi dari robot dapat mengenali bentuk, orang atau suara selain itu gambar yang diambil memiliki oleh robot ini memiliki resolusi terbaik berkat dua resolusi HD kamera, yang menghasilkan kinerja yang baik bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Pengguna dapat mencoba mengirimkan perintah melalui kata-kata. Aldebaran telah menciptakan teknologi untuk menerjemahkan suara ke perintah robot.

4. DARwIn-OP (ROBOTIS OP)

OP-DARwIn adalah robot humanoid yang dibuat di Virginia Tech Robotika dan mekanisme laboratorium (RoMeLa) berkolaborasi dengan Universitas Purdue, University of Pennsylvania dan produsen Korea ROBOTIS. Robot ini dapat digunakan di rumah akan tetapi tujuan utamanya adalah untuk digunakan dalam pendidikan dan penelitian.

OP-DARwIn atau ROBOTIS OP generasi pertama memiliki tinggi 45 cm (hampir 18 inci) dan memiliki tidak kurang dari 20 DOF, setiap sendi robot ini dapat digerakkan oleh servos Dynamixel MX-28. Otak yang diwakili oleh CPU Intel Atom Z530 dengan penyimpanan RAM 1GB DDR2 dan 4GB SSD serta banyak standar komunikasi I/O dan peripheral lainnya. Manajemen tingkat hardware dilakukan dengan modul controller CM-730 yang juga terintegrasi inertia satuan (IMU) servo bus berkecepatan 3Mbps  dengan interface dan perangkat keras lainnya.

ROBOTIC OP generasi 2 yang merupakan penyempurnaan dari platform sebelumnya dibekali dengan hardware yang lebih kuat serta beberapa perbaikan dari fitur. Dijual dengan harga yang lebih ekonomis tetapi hampir tidak ada perbedaan dalam segi desain eksterior selain warna tertentu saja.

Diperbarui dengan CPU dual core 1.6 GHz Intel Atom N2600 dengan 4GB DDR3 RAM serta penyimpanan 32GB SSD, yang keduanya dapat ditingkatkan oleh pengguna. Dari segi konektivitas dibekali dengan Gigabit Ethernet WiFi 802.11n. Berkat perbaikan perangkat keras, robot ini sekarang dapat menjalankan tidak hanya Sistem operasi Linux tetapi juga versi 32-bit dari windows.

5. Romeo

Romeo adalah robot yang mempunyai karakter berwajah lucu yang terbuat dari plastik dan logam dengan ketinggian 143 cm. Robot ini berada di bawah pembuatan yang berkelanjutan dengan fitur baru yang ditambahkan saat kita bicara. Romeo dibangun untuk pemesanan konsumen dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ide mengembangkan robot untuk membantu orang yang cacat atau masalah kesehatan, romeo adalah salah satu robot terbaik yang dibangun untuk tugas itu. Selain perawatan yang ditunjukkan kepada orang-orang cacat, robot ini juga bisa menjadi anggota keluarga nyata. Dapat berdiskusi, bekerja di dapur dan hal lainnya. Interaksi dengan orang-orang disekitar robot romeo ini dilakukan dengan cara alami yang menggunakan kata-kata atau gerakan. Bahkan di satu sisi memiliki empat jari, robot ini dapat memahami objek, memanipulasi dan merasa objek dalam bentuk apapun.

Itulah 5 Robot Humanoid Terbaik di Dunia, nagaimana menurutmu guys? di masa mendatang jangan-jangan robot akan menggantikan peran manusia dalam segala hal, berikn tanggapan mu dibawah ya guys!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *