myspace tracker

Inilah 5 Dampak Negatif Kemajuan Teknologi

5 Dampak Negatif Kemajuan Teknologi – Teknologi informasi sangat berkembang sangat pesat, selain menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi namun juga bisa berdampak terhadap keberlangsungan hidup, mulai dari kesehatan sampai dengan kehidupan sosial kita.

Jadi apakah benar kemajuan teknologi dapat berdampak terhadap keberalngsungan hidup manusia? Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi? Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

5 Dampak Negatif Kemajuan Teknologi
Berbagai penelitian tentang berubahnya pola hidup manusia akibat dari kemajuan teknologi yang sangat pesat, beberapa dampak dari kemajuan teknologi ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala sampai kecanduan untuk mengakses sosial media serta masih banyak lagi akibat yang ditimbulkan oleh kemajuan dari teknologi informasi.
5 Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Akibat Kemajuan Teknologi :

1. Depresi akibat media sosial

Beberapa dokter di AS melakukan penelitian terhadap perubahan perilaku remaja yang ketagihan dalam mengakses media sosial. Remaja cenderung mengabaikan waktu serta kesehatannya demi mengakses media sosial. Para remaja rela mengorbankan waktu karena asyik dalam mengakses konten yang ada di media sosial mulai dari menulis status sampai mengupload foto serta video karena mereka ingin eksis di dalam media sosial, tanpa mereka sadari bahwa meninggalkan waktu belajar, waktu makan hingga waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
Tidak hanya itu jika mereka menulis status atau mengupload foto serta video tetapi tidak ada yang menanggapi maka mereka terasa depresi dan merasa tertekan karena tidak adanya feedback dari teman mereka di media sosial. Menurut American Academy of Pediatri anak remaja yang diabaikan dalam situs media sosial akan merasa tertekan dibandingkan diabaikan dalam kehidupan yang nyata. Organisasi ini juga memperingaktakn bahwa resiko dari anak remaja akan menjadi korban cyber bullying dan penggunaan media sosial dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan mereka karena berubahnya pola tidur dan menurunkan nilai harga diri mereka.

2. Kecanduan internet
Sudah menjadi hal lazim bahwa dunia maya atau dunia internet telah berpengaruh terhadap kehidupan bersosial di zaman ini. Dengan internet kita dapat melakukan berbagai hal mulai dari mencari informasi di sekitar sampai informasi di seluruh belahan dunia. Namun dengan manfaat internet dengan sangat besar tersebut ada beberapa hal yang berdampak terhadap kehidupan kita. Banyak psikiater yang menawarkan berbagai penyembuhan maupun pengobatan untuk menahan atau mengurangi kecanduan dunia internet yang telah mengambil alih posisi atau mengambil alih kehidupan di dunia nyata, mulai dari berkurangnya sosialisasi dengan sesama masyarakat hingga melupakan waktu untuk bermain dengan teman. Menurut psikiater asal AS yaitu Jeral Block, kondisi ini harus segera ditangani karena maraknya kecanduan internet mulai dari bermain game online hingga mengakses konten pornografi yang bisa berdampak terhadap kehidupan sosial.

Baca juga : Dampak Smartphone Terhadap Kehidupan Sosial

3. Cedera pada regangan yang berulang-ulang

Pada umumnya cedera pada regangan biasanya terjadi pada beberapa profesi seperti penjahit baju, buruh pabrik, hingga para musisi. Namun pada zaman ini cedera tersebut bisa terjadi pada orang yang berada di rumah maupun orang yang bekerja di kantor yang menggunakan komputer. Hal ini terjadi karena jari-jari yang digunakan untuk mengetik pada keyboard, penggunaan mouse juga dapat berdampak pada pergelangan tangan. Selain itu juga duduk dengan waktu yang sangat lama akan menyebabkan bahu cedera hingga terjadinya kerusakan yang tidak mampu diperbaiki oleh tubuh dari waktu ke waktu.

4. Terjadi sakit kepala

Pernahkan kita mendengar bahwa sinyal dari telepon yang kita gunakan akan berdampak terhadap kepala karena sinyal teleponyang kita gunakan menghasilkan radiasi. Mengenai hal ini para ahli berdebat mengenai hal tersebut. Hal yang mereka biarakan yaitu apakah sinyal pada telepon berbahaya atau tidak. Namun akhirnya penelitian tersebut menunjukan adanya hubungan antara sakit pada kepala yang diakibatkan oleh sinyal pada telepon.
Riset yang dilakukan oleh para ahli tersebut menemukan bahwa melakukan panggilan telepon sebelum tidur dapat mempengaruhi terhadap kualitas tidur sehingga menyebabkan sakit kepala pada keesokan harinya.
Selain itu juga sinyal nirkabel seperti pada Wifi dapat berpengaruh pada sakitnya kepala jika sinyal tersebut terus menerus berada pada bagian sekitar kepala. Diperkirakan bahwa sekitar 5 persen dari warga amerika percya bahwa mereka menderita kondisi ini dan beberapa diantaranya telah pindah ke daerah yang lebih aman dari sinya nirkabel dan keberadaan sinyal tersebut dapat dikontrol dengan sangat ketat untuk menghindari terjadinya masalah.

5. Terjadinya Narsisme

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh akademisi dari AS menunjukan bahwa siswa semakin egois dibandingakan dengan generasi siswa sebelumnya karena pengaruh dari teknologi yang semakin modern. Siswa pada masa kini cenderung menampilkan sesuatu yang narsis dan kurangnya sikap empati terhadap sesama seperti yang ditampilkan dalam perilaku maupun kebiasaannya dalam memperbaharui status serta situs jaringan sosial.
Menariknya dalam penelitian tersebut , laki-laki lebih cenderung melakukan hal ini, meskipun mereka banyak diasumsikan tidak lebih aktif dalam media jejaring sosial.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *