myspace tracker

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial – Mengakses media sosial di era  ini memang menjadi sebuah gaya hidpu baru, ketika kita sedang berada ditempat yang indah kemudian melakukan kegiatan foto selfie, tak lengkap rasanya jika tidak menguploadnya ke media sosial atau mengupdate status seperti “lagi otewe nih kita” agar terlihat eksis. Sadar atau tidak tradisi yang demikian memang sudah mendarah daging. Berbagai fitur yang ada di media sosial juga menjadi faktor mengapa seseorang menjadi kecanduan untuk mengaksesnya.

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

Kegiatan mengakses media sosial seperti instagram, facebook dan twitter memang merupakan aktivitas yang menyenangkan, bahkan para pengguna rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengakses media sosial tersebut hingga pada akhirnya kecanduan.

Salah satu ciri orang yang sudah kecanduan medsos adalah selalu ingin mengaksesnya sampai lupa waktu. Nah, berikut ini adalah 3 tips mudah bagaimana cara untuk menghilangkan kecanduan medsos :

1. Niatkan untu tidak mengakses medsos

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan niat untuk tidak mengakses media sosial. Ya, niat adalah hal pertama kali yang harus dilakukan, tanpa adanya niat sepertinya kita mustahil untuk berhenti melakukan kegiatan tersebut.

2. Melakukan kegiatan positif

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

Isilah waktu senggang dengan hal positif seperti beribadah, membaca buku, belajar atau hal postif lainnya. Jangan sampai jika ada waktu senggang digunakan untuk mengakses media sosial dan harus bisa menahan diri untuk mengaksesnya.

 

Baca juga :

 

3. Logout semua akun medsos

 

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

 

Logout semua akun media sosial jika tidak digunakan, jadi ketika kita ingin mengaksesnya lagi akan memasukan username dan password, nah mungkin dengan adanya kegiatan tersebut sobat akan berfikir merepotkan karena harus mengetik ulang sehingga akan berfikir duakali untuk mengaksesnya.

Namun jika sobat memang tidak kuat untuk berhenti mekses media sosial maka hendaklah tidak sesering mungkin untuk mengaksesnya, jadi jika ingin mengaksesnya hanya hal yang penting saja.

Selain itu juga, tidak ada salahnya untuk memberikan hukuman kepada diri sendiri jikalau mengakses media sosial untuk hal yang tidak penting dan menghabiskan waktu. Hukuman tersebut berupa mencubit kuping maupun tangan sendiri atau hukuman lainnya.

Lakukan hal ini selama berbulan-bulan sampai sobat merasa sudah tidak kecanduan lagi terhadap media sosial.

4. Hapus Akun Media Sosial

4 Tips Untuk Menghilangkan Ketergantungan Media Sosial

Jika tips di atas tidak manjur juga, sobat bisa melakukan cara terakhir yaitu menghapus akun. Cara ini memang cukup ekstrem, terlebih jika melihat media sosial sudah menjadi layanan populer yang selalu diakses setiap hari oleh sejumlah orang.

Sebenarnya mengakses media sosial bukan kegiatan yang salah, apalagi jika menggunakannya untuk berbisnis dan menggali ilmu. Di tengah perkembangan teknologi dan internet, media sosial memang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Oleh karena itu, kalian juga harus lebih bijak dalam menggunakannya dan jangan biarkan waktu terbuang percuma.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *