myspace tracker

4 Cara mudah mengatasi MicroSD Error mendadak

4 Cara mudah mengatasi MicroSD Error mendadak – MicroSD merupakan media penyimpanan eksternal tambahan yang biasanya ditambahkan ke sebuah ponsel jika media penyimpanan internal yang ada sudah penuh. Atau ada juga yang mempungsikannya sebagai media penyimpanan cadangan.

4 Cara mudah mengatasi MicroSD Error mendadak
4 Cara mudah mengatasi MicroSD Error mendadak

MicroSD juga banyak digunakan oleh pengguna ponsel yang bisa difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai file mulai dari musik, video, film sampai foto.

MicroSD mempunyai kapasitas yang beragam, mulai dari 2 GB bahkan ada yang sampai dengan 512 GB dan kedepannya akan lebih besar lagi.

Terlepas dari berbagai kegunaannya, kartu memori MicroSD sering kali mengalami error secara tiba-tiba padahal sebelumnya baik-baik saja. Error tersebut bisa dikarenakan MicroSD gagal untuk membaca file maupun dokumen yang akan disimpan. Istilah “damage” diartikan sebagai data yang akan disimpan mengalami corrupt sehingga file tersebut tidak bisa disimpan bahkan hilang.

Apakah sobat #teknologi pernah menglami hal diatas? Jangan panik ya sob, MicroSD yang rusak bukan berati tidak bisa digunakan lagi tetapi bisa diatasi agar bisa digunakan kembali, lalu bgaimanakah caranya?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sobat lakukan jikalau MicroSD mengalami error tiba-tiba.

  1. Bersihkan MicroSD dengan penghapus pensil berwarna putih

Cara pertama yang bisa dilakukan jika MicroSD menglami error adalah dengan cara membersihkannya. Keluarkanlah MicroSD dari smartphone maupun ponsel sobat terlebih dahulu.

Setelah dikeluarkan, bersihkan lempengan tembaga yang ada pada MicroSD dengan penghapus pensil berwarna putih.

Bisa juga menggunkan kain yang berbahan microfiber dan usaplah lempengan tembaga yang ada pada MicroSD secara perlahan.

Setelah dibersihkan cobalah masukan kembali MicroSD kedalam smarpthone dan cek apakah MicroSD sudah bisa kembali normal atau belum.

  1. Format Ulang MicroSD

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan format ulang MicroSD menggunakan smartphone. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan > masuk ke media penyimpanan. Pilihlah menu format media penyimpanan eksternal (MicroSD). Dengan demikain MicroSD akan terformat secara otomatis.

 

Baca juga : INILAH 7 CARA MUDAH AGAR KUOTA INTERNET HEMAT

 

  1. Cek MicroSD menggunkan PC

Sobat juga bisa mengecek kondisi microSD dari PC. Pertama, hubungkan smartphone ke PC atau laptop dengan kabel data. Setelah itu, pastikan smartphone terhubung dalam modus Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

Nah, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, lalu pilih Properties -> Tools -> Error Checking. Kemudian, tunggu proses pengecekan hingga selesai.

Setelah proses rampung, eject kartu memori dan pastikan apakah sudah terbaca atau belum.

  1. Format dari PC

Jika sobat mengalami kejadian di mana microSD terbaca di komputer, tetapi malah tetap error di smartphone, lakukan format ulang microSD dari PC.

Caranya, sobat harus melakukan backup dokumen dari microSD ke folder baru. Kalau bisa, backup dokumen ke folder di hard disk.

Berikan nama yang mudah diingat karena folder baru tersebut akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi microSD yang rusak. Setelah dibuat, pindahkan dokumen dari microSD ke folder baru hard disk.

Jika semua dokumen sudah tersalin di hard disk, segera format ulang microSD dari PC. Setelah diformat ulang, kembalikan dokumen yang ada di folder hard disk ke microSD yang sudah diformat ulang.

Demikianlah 4 Cara mudah mengatasi MicroSD Error mendadak apakah berhasil sob? Kalau 4 cara tersebut sudah dilakukan dan masih error maka sudah dipastikan MicroSD tersebut tidak bisa digunakan lagi dan harus membeli lagi yang baru.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *