myspace tracker

3 Fakta Menarik Kartu ATM yang Jarang Diketahui

3 Fakta Menarik Kartu ATM yang Jarang Diketahui – Di zaman modern ini banyak sekali teknologi yang dapat membantu manusia untuk memudahkan kehidupan sehari-hari salah satunya yakni ATM yang diperuntukan untuk debet atau katu kredit.

3 Fakta Menarik Kartu ATM yang Jarang Diketahui

ATM pun sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia modern yang digunakan untuk mempermudah transaksi jual beli. Dengan adanya ATM uang yang berjumlah puluhuan juta bahkan sampai ratusan juta bisa digenggam hanya dengan satu kartu saja sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Terlebih pemerintah saat ini sedang menggalakan program yang bertajuk Gerakan Nasional Non Tunai. Oleh karena itu fungsi dari ATM sangatlah penting.

Namun tahukah kamu ada beberafa fakta menarik dari ATM yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang, lalu apa saja sih? Nah berikut kami sajikan 3 fakta menarik dari ATM.

1. Arti nomor di depan kartu

Pernahkah sobat #teknologi melihat ada beberapa angka yang terletak dibagian depan kartu ATM, baik itu kartu kredit maupun kartu debet? Dan rata-rata jumlah digit angka yang terletak dari kartu ATM tersebut berjumlah 16 digit. Namun ada juga yang menggunakan angka 13 bahkan 19 digit angka. Lalu tahukah sobat apa arti dari angka-angka tersebut?

Digit pertama dari nomor merupakan sistem identifikasi. Jadi, angka pertama untuk kartu berlogo Visa biasanya memakai angka 4, sedangkan kartu berlogo MasterCard dimulai dari 5.

Lalu 5 digit selanjutnya adalah nomor bank penerbit kartu tersebut dan 9 digit berikutnya adalah bagaimana cara bank untuk mengidentifikasi pemilik kartu.

 

Baca juga : 6 FAKTA UNIK MENARIK INTERNET YANG JARANG DIKETAHUI

 

2. Dilindungi Watermark

Pasti sobat baru tahu bahwa di kartu ATM ada Watermarknya. Nah watermak yang terdapat di ATM sama hal nya pada watermark yang ada pada uang, jadi untuk melihatnya diperlukan sinar ultraviolet.

Watermark yang dipakai tiap kartu pun berbeda-beda tergantung penyedia. Sebagai contoh, pada kartu Visa, logo yang terlihata adalah huruf V, kartu MasterCard ada huruf M dan C, sedangkan di kartu American Express ada logo seekor elang.

3. Nomor di bagian belakang kartu

Terakhir ada lagi beberapa digit angka yang terletak dibagian belakang kartu ATM dan mungkin sebagian orang nomor-nomor tersebut terlihat biasa saja. Namun tahukah sobat bahwa nomor-nomor tersebut harus dijaga kerahasiaannya lho! Mengapa karena nomor tersebut hampir sama fungsinya seperti PIN.

Nomor yang dikenal sebagai CVV (untuk kartu Visa) dan kode CVC (untuk MasterCard), merupakan singkatan dari Card Verification. Sesuai namanya, angka ini digunakan untuk memverifikasi kartu pengguna.

Dengan CVV, pengguna dapat melakukan transaksi tanpa memakai kartu sebenarnya. Karena itu, nomor ini biasanya menjadi syarat untuk melakukan transaksi online.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *